PKM Kader Desa Praktek Pijat Punggung pada Ibu Nifas untuk Memperlancar ASI

 Abstract views: 49 ,  downloads: 30
  • Nurul Azizah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Audrey Gracelia Riwu Universitas Airlangga Surabaya
Keywords: pijat punggung, Memperlancar ASI, Kader Desa

Abstract

Peran kader sangat penting untuk membantu sosialisasi kegiatan untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat, pemerintah kabupaten Sidoarjo berkomitmen meningkatkan status gizi dan ASI eksklusif dengan menetapkan perda nomor 1 tahun 2016, diharapkan seluruh masyarakat mendukung perda tersebut. Di desa Sambibulu juga mendukung tercapainya Asi eksklusif, Kader Desa Durung Bedug Candi Sidoarjo aktif dalam kegiatan dimasyarakat untuk mendukung pembentukan UKBM (upaya kesehatan berbasis masyarakat) selain posyandu terbentuk juga kelompok pundukung ASI (KP ASI) untuk membantu tercapainya ASI eksklusif. Berdasarkan survey yang telah dilakukan oleh tim pengusul pada kader didapatkan hasil bahwa cakupan ASI eksklusif masih rendah yakni 56% dari target 80% dan salah satu penyebabnya yakni karena produksi ASI kurang. Kegitaan KP ASI yang sudah berjalan namun belum terdapat upaya untuk membantu meningkatkan produksi ASI.

Kader belum pernah mendapatkan pengetahuan tentang upaya untuk meningkatkan produksi ASI. Berdasarkan permasalahan tersebut tim pengusul menawarkan solusi untuk membantu mengatasi kurangnya pengetahuan dan keterampilan kader dalam meningkatkan produksi ASI. Salah satu upaya yang ditawarkan oleh tim pengusul adalah memberikan sebuah pelatihan dan pendampingan praktek pijat punggung pada kader untuk membantu meningkatkan produksi ASI.

Kader Desa Durung Bedug Candi Sidoarjo termasuk kader yang mempunyai loyalitas tinggi dan aktif, sehingga tim pengusul lebih mudah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan tentang praktek pijat punggung untuk meningkatkan produksi ASI, yang nantinya diinformasikan kepada masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan produksi ASI dan masyarakat dapat melakukan pijat punggung secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-01-15