HIPEREALITAS WACANA PERSUASI IKLAN KARTU TELEPON SELULER

 Abstract views: 144 ,  downloads: 354
  • Rini Damayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wacana persuasi iklan yang digunakan dalam brosur iklan kartu telepon seluler XL dan mendeskripsikan realitas semu yang terbentuk dari brosur iklan kartu telepon seluler XL ditinjau dari sudut pandang hiperealitas. Di tengah-tengah berbagai macam penawaran promosi iklan kartu telepon seluler yang menggiurkan sesungguhnya masyarakat dihadapkan pada suatu realitas yang semu. Realitas yang dimaksud bahwa pesan yang ada di dalam iklan tidak sepenuhnya sesuai dengan realitas sesungguhnya. Penelitian ini diawali dengan penyediaan data. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini memfokuskan pada wacana persuasi dan hiperealitas pada brosur iklan kartu telepon seluler. Data yang diperoleh berupa kata dan kalimat pada wacana iklan XL. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Wacana persuasi pada iklan tersebut digunakan untuk mengubah pikiran konsumen agar tertarik menggunakan produk XL. Pada bagian body copy dan signature line tersebut XL ingin memberikan penawaran yang lebih kepada konsumennya karena tarif murah SMS XL dapat dinikmati setiap hari sampai puas. Pengiklan juga menggunakan ide-ide yang dapat membuat para konsumennya tetap menggunakan produk tersebut, misalnya terlihat pada bagian Rp100/SMS sampe puaasssss. 2) Hiperealitas yang dibangun dalam iklan produk XL tersebut adalah seakan-akan hanya produk XL inilah yang paling murah di antara operator lainnya yang ditujukan dengan slogan ‘tarif termurah’ dan tidak perlu diragukan lagi seperti yang terlihat pada slogan ‘dijamin’. Namun, iklan promosi tarif XL ini tidak sepenuhnya sesuai dengan realitas karena masih banyak terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi konsumen untuk menikmati tarif ini, tetapi tidak tercantum dalam iklan. Kata kunci: iklan, wacana persuasi, dan hiperealitas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-07-10