EKSPERIMENTASI METODE CERAMAH DAN DISKUSI PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI DITINJAU DARI JENIS KELAMIN MAHASISWA

  • Utin Desy Susiaty
  • Dwi Oktaviana

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) manakah yang memberikan prestasi belajar yang lebih baik, metode ceramah atau metode diskusi; (2) manakah yang memiliki prestasi belajar yang lebih baik, mahasiswa laki-laki atau perempuan; (3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar yang lebih baik, mahasiswa laki-laki atau perempuan; (4) pada masing-masing jenis kelamin, manakah yang memberikan prestasi yang lebih baik, metode ceramah atau metode diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan populasi seluruh mahasiswa semester 5 di kelas pagi Program Studi Pendidikan Matematika IKIP-PGRI Pontianak. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 mahasiswa. Teknik pengumpulan data meliputi metode dokumentasi untuk mendapatkan nilai MID mata kuliah Matematika Ekonomi tahun akademik 2015/2016 sebagai data kemampuan awal dan nilai UAS mata kuliah Matematika Ekonomi untuk data prestasi belajar matematika mahasiswa. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Pembelajaran matematika ekonomi menggunakan metode ceramah menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama dengan metode diskusi. (2) Mahasiswa laki-laki maupun perempuan memiliki prestasi belajar matematika yang sama. (3) Pada masing-masing metode pembelajaran, mahasiswa laki-laki maupun perempuan memiliki prestasi belajar matematika yang sama. (4) Pada masing-masing jenis kelamin, pembelajaran matematika ekonomi menggunakan metode ceramah dan metode diskusi menghasilkan prestasi belajar matematika yang sama. Kata kunci: metode ceramah, metode diskusi, jenis kelamin Abstract The aims of this study were to investigate: (1) which learning method produces student’s better mathematics learning achievement, speech method or discussion method; (2) which student’s have better mathematics learning achievement, male or female; (3) viewed from learning methods, which student’s have better mathematics learning achievement, male or female; (4) viewed from gender, which learning method produces better mathematics learning achievement, speech method or discussion method. This research used quasi experimental method with its population included all of students of 5th semester in morning class Program Study of Mathematics Education IKIP-PGRI Pontianak. Sampling was done by stratified cluster random sampling technique. The size of the sample was 68 students. The data collection technique was include the documentation method to get the 2015/2016 MID Test of Economy Mathematics subject for initial capability data before the experiment and Final test of Economy Mathematics subject for mathematics student’s achievement data. The data was analyzed using analysis of variance. Based on these results it can be concluded as follows. (1) Economy mathematics learning using speech method produced the same mathematics achievement as using discussion method. (2) For male or female students have the same mathematics achievement. (3) Viewed from learning method, male or female students have the same mathematics achievement. (4) Viewed from gender, economy mathematics learning using speech method and discussion method have the same mathematics achievement. Keywords: speech method, discussion method, gender

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D. 2015. Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB pada Mata Pelajaran IPS di SDN 002 Bagan Besar Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 4, no.2, hlm. 153-164.

Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Harsono, B., Soesanto, & Samsudi. 2009. Perbedaan Hasil Belajar antara Metode Ceramah Konvensional dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal PTM. Vol. 9, no.2, hlm. 71-79.

Musriliani, C., Marwan, & Anshari, B.I. 2015. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 2, no.2, hlm. 49-58.

Purwanti, K.L. 2009. Perbedaan Gender terhadap Kemampuan Berhitung Matematika Menggunakan Otak Kanan pada Siswa Kelas I. Sawwa. Vol. 9, no.1, hlm. 108-122.

Rahmat, A. 2010. Efektifitas Metode Diskusi dan Ceramah dalam Meningkatkan Motivasi Beragama pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas IX di SMP 03 dan SMP 07 Kota Gorontalo. Jurnal Dakwah. Vol. XI, no.1, hlm. 67-87.

Sanjaya, W. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tim Penyusun. 2015. Pedoman Operasional Tahun Akademik 2015/2016. Pontianak: IKIP PGRI Pontianak.

Tirtarahardja, U & Sulo, S.L.L. 2015. Pengantar Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mathematics Education (JRAMathEdu) Vol. 1, No. 2, 90-98, July 2016

Published
2017-06-26
Section
Artikel