PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA (MATERI STATISTIK) DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING SISTEM 5 M UNTUK SISWA KELAS VII

  • Rante Hanjarwati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pada materi statistik untuk siswa kelas VII semester genap dengan model active learning di SMPN 2 Candi. Juga untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah mempelajari bahan ajar materi statistik model active learning. Penelitian pengembangan dilakukan berdasarkan model pengembangan Borg & Gall dengan desain pembelajaran model Degeng. Model pengembangan ini meliputi 10 tahapan. Hasil penelitian menunjukkan produk sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil nilai pre test dan post test dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas yang menggunakan bahan ajar lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas yang tidak menggunakan bahan ajar. Dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar dan model pembelajaran active learning sistem 5M mampu meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi statistik di kelas VII.

 

Kata kunci: Belajar Aktif, Model Borg & Gall, Model Degeng

Author Biography

Rante Hanjarwati, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Program Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan

References

Budiningsih. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Degeng, N. S. 2008. Desain Pembelajaran Menuju Pribadi Unggul. Surabaya:       

Munthe, Bermawy. 2009. Desain Pembelajaran.Yogyakarta: PT. Pustaka Insan

          Madani

Pannen, P. & Sadjati, I. M. 2001.Pembelajaran Orang Dewasa.Jakarta: PAU-PPAI.Universitas Terbuka

Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: . Kencana Prenada Media Group.

Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published
2017-03-22
Section
Article