PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Ruri Lestari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis tingkat efektivitas pengembangan modul matematika materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB); 2) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan hasil pengembangan modul matematika materi KPK dan FPB, 3) mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan hasil pengembangan modul matematika materi KPK dan FPB. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan di SDN Ujung XIV Surabaya dengan populasi seluruh kelas IV. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah; 1) dapat mengisi ketersediaan atau menambah keragaman bahan ajar matematika khususnya materi KPK dan FPB; 2) hasil uji coba pengembangan modul matematika materi KPK dan FPB untuk kelas IV SDN Ujung XIV Surabaya ini memiliki tingkat keefektifan dan kemenarikan yang tinggi; 3) Perolehan hasil belajar berdasarkan uji coba lapangan yang diukur menggunakan tes analisis ketuntasan hasil belajar modul pengembangan matematika materi KPK dan FPB yang hasilnya sangat baik.

 

Kata Kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran, Matematika, KPK dan FPB

Author Biography

Ruri Lestari, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Program Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan

References

Darsono. 2012. Pengembangan Modul Matematika Kelas IV Semester Gasal. Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas PGRI Adibuana Surabaya.

Dedi. 2013. Apa Itu Matematika.  (Online) (http://dedi26.blogspot.com/2013/02/apa-itu-matematika-pengertian.html, diakses tgl 01 Juni 2013).

Nova. 2013. The Systematic Design of Instruction. (Online), (http://schoolofed.nova.edu/dll/ Module2/Module3-1-Dick and Carey. pdf, diakses tanggal 16 Agustus 2013).

Sukitman, T. 2011. Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup. (Diakses, http://lib.uin-malang .ac.id/?mod=th_detail#id=09760012 diakses tanggal 23 Agustus 2013).

Walker, et al. 2001. Enhancing Internships through Modules of Experiential Learning Activities.Journal of Family and Consumer Sciences, 93 (4): 45-46.

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Media Abadi: Yogyakarta.

Published
2017-03-22
Section
Article