PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASAR MASALAH UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Siti Lailatul Nikmah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 2 Lamongan dalam proses pembelajaran menggunakan perangkat dengan model pembelajaran berdasar masalah.  Subjek penelitian ini adalah 31 siswa SMP Negeri 2 Lamongan. Penelitian dilakukan pada SMP Negeri 2 lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan rancangan penelitian one group pretest-posttest, dengan pengembangan model  Dick and Carey. Untuk menganalisa data ini menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran baik (dengan rentang 3-4) dan ada peningkatan  hasil belajar siswa yaitu 0.72. Simpulan dari penelitian ini adalah perangkat  IPA dengan model pembelajaran berdasar masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP pada pelajaran IPA materi pencemaran lingkungan

 

Kata Kunci:  Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Berdasar Masalah, Pembelajaran IPA

Author Biography

Siti Lailatul Nikmah, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Program Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan

References

DITPSMP. 2011. Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

DITPSMP. 2005. Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Duda, H.J. 2010. “Pembelajaran Berbasis Praktikum dan Asessmenya pada Konsep Sistem Ekskresi untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI”. Jurnal VOX Edukasi, Vol. 1 No. 2, pp. 29-39.

Eggen, P. dan Don K. 2012. Strategre and Models for Teacher Sixth Edition. Boston: Pearson.   

Felder, R.M. and Rebecc, B. 2007.Cooperative Learning. Journal of Active Learning. Chapter 4, pp.34-35.

Gronlund, N.E. and Robert, L.L. 1995. Measurement and assessment in Teaching 7th Edition. USA: Prentice-hall, Inc.

Hake, R.R. 1998. Analyzing Change/Gain Scores. USA: Indiana University.

Ibrahim, M. 2005. Asesmen Berkelanjutan. Surabaya: Unesa University Press.

Jamhari, M. 2010. Penerapan Pendekatan Problem Solving dalam Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 21 Palu. Jurnal Biodidaktis, No. 2, pp.83-88.

Khaeruddin. 2006. Pembelajaran Sains (IPA) Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: State University of Makasar Press.

Liliasari & Redhana, I.W. 2008. “Program pembelajaran Keterampilan Berpikir Kritis pada Topik Laju Reaksi untuk Siswa SMA”. Jurnal Forum Pendidikan, Vol. 27, No. 2, pp. 103-112.

Omrod, J.E. 2009. Psikologi Pendidikan Edisi Keenam Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Pujianto & Maryanto A. L. 2009. “Pengembangan Model KBSB (Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir) Melalui Pembelajaran Sains Realistik untuk Peningkatan Aktivitas Hands-On dan Minds-On Siswa. Jurnal Downloaded from jhh.sagepub.com on october 3, 2012.

Santrock, J.W. 2008. Educational Psychology 3th. USA: McGraw-Hill

Published
2017-03-22
Section
Article