PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN M-LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MTs. BRAWIJAYA MOJOKERTO

  • Nur Khamimah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Abstrak: Fokus dalam penelitian ini berupa produk pembelajaran M-Learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika di MTs. Brawijaya Mojokerto.  Produk pembelajaran M-Learning untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika di MTs. Brawijaya Mojokerto telah disempurnakan berdasarkan analisis data uji coba. Hasil penelitian menunjukkan produk yang dikembangkan layak dan menarik untuk pembelajaran di kelas secara klasikal dan mandiri, serta dapat meringankan beban guru dalam mengajar. Respon siswa terhadap produk tersebut rata-rata mencapai 3,53 dengan kategori sedang. Dengan demikian, produk model pembelajaran M-Learning ini dapat dikembangkan oleh guru sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memotivasi siswa. Pengembangan penelitian selanjutnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan model pembelajaran M-Learning yang lebih menarik.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, M-Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika

Author Biography

Nur Khamimah, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Program Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan

References

Binsaleh, M. & Binsaleh, S. 2013. Mobile Learning: The Case Study of the Four Southern Most Provinces of Thailand in Transfoming Critical to Opportunity. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 91: 322-330.

Dick, W. and Carey L. 2005. The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collins Publisher

Han I. & Shin W.S. 2016. The Use of a Mobile Learning Management System and Academic Achievement of Online Students, Computers & Education, 1-27.

Heflin, H., Shewmaker, J. & Nguyen, J. 2017.  Impact of Mobile Technology on Student Attitudes, Engagement, And Learning. Computers & Education, 107: 91-99.

Hwang, G. J. & Wu, P. H. 2014. Applications, Impacts and Trends of Mobile Technology-Enhanced  Learning: A Review of 2008–2012 Publications in Selected SSCI journals. International Journal of  Mobile Learning and Organisation, 8(2), 83-95.

Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja  Rosda Karya.

Published
2017-03-22
Section
Article