Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Pelaku Usaha Kecil Di Desa Pengulu Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik Menjadi Bankable

 Abstract views: 23 ,  downloads: 13
  • Siti Samsiyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Fachrudy Asj’ari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Edy Sulistyawan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yuli Kurnia Firdausia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Laporan Keuangan, Pelaku Usaha, Gresik

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pengatahuan dan ketrampilan kepada usaha kecil dan masyarakat desa Pengulu Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik.  Metode pelaksanaan adalah pendampingan laporan keuangan, tim pelaksana melakukan kegiatan ini memfokuskan pada peningkatan pengetahuan dasar tentang penyusunan laporan keuangan sederhana, dan bekerja sama dengan perbankan untuk menambahkan modal usaha. Pendampingan dilaksanakan dengan materi pembukuan dan penyusunan sistem akuntansi dan keuangan pada pengusaha kecil. Kegiatan ini diharapkan dapat mensosialisasikan hasil simulasi tentang pembukuan dan penyusunan laporan keuangan sebagai wujud pengabdian pada masyarakat. Untuk mengetahui wujud keberhasilan pengbdian pada masyarakat, identifikasi keberhasilan adalah apabila pengusaha kecil dapat membuat laporan keuangan yang baik dan menyusun laporan sesuai format yang ada. Pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ingin menggunakan prinsip laporan keuangan untuk menyediakan informasi tentang posisi keuangan, kerja keuangan,  laporan arus kas. Usaha ini akan berpengaruh dengan modal awal untuk pengembangan usaha tersebut, dan bekerja sama dengan bankable syaratnya yaitu disiplin. Disiplin dalam hal pencatatan baik usaha financial maupun pencatatan legalitas usaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kabupaten Gresik, 2019. Desa di Kecamatan Sedayu. https://gresikkab.go.id/ profil/desa_di_kecamatan_sidayu akses 14 Pebruari 2020.
Sidayu City Explore,tt,a. Sejarah Sedayu.https://sedayuexplore. wordpress.com/sejarah-sedayu/ akses 13 Pebruari 2020.
Explorasi Sedayu. https://sedayuexplore.wordpress.com/ekplorasi-sedayu/ akses 13 Pebruari 2020.
Ikatan Akuntansi Indonesia, (2011) Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Entitas tanpa Akuntabilitas Publik, Jakarta.
Published
2020-06-01
Section
Articles