Legalisasi Dan Pengelolaan Usaha Pada UMKM

 Abstract views: 27 ,  downloads: 22
  • martha suhardiyah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ulfa Puspa Wanti Widodo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yurida Sasmita Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: SPP-IRT, pembukuan sederhana, packaging

Abstract

Desa Bakalan Kecamatan Gondang memiliki usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berupa oleh-oleh makanan ringan, yaitu kacang sembunyi, keripik usus dan keripik pisang. Untuk produk keripik pisang dalam segi penentuan harga pokok dan pemasaran online sudah berjalan dengan baik tetapi perihal perizinan, pembukuan sederhana, dan packaging atau labeling (3P) belum berjalan dengan maksimal. Maka dari itu, program kerja kami hanya fokus pada 3P produk keripik pisang. Program pengabdian masyarakat ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan survei dan observasi serta wawancara dalam teknik pengumpulan datanya. Hasil program pengabdian ini berupa pelaksanaan kepengurusan izin Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT), pembukuan sederhana, dan perbaikan packaging pada produk keripik pisang “AQILA”. Pentingnya 3P untuk meningkatkan daya saing dan kualitas sangat dibutuhkan oleh UMKM agar bisa bertahan dan terus bersaing ditengah-tengah UMKM yang telah ada dan UMKM baru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriawan, F. (2019). Contoh Pembukuan Sederhana untuk Pelaku UMKM. Diakses dari Paper Blog: https://www.paper.id/blog/tips-dan-nasihat-umkm/contoh-pembukuan-sederhana/.
Ayodya, W. (2018). Bussines Plan: Usaha Kuliner Skala UMKM. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Badan Pengawas Obat dan Makanan. 2018. Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 22 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pemberian Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga. Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan.
CNN Indonesia. (2019). KEIN Sebut UMKM Kunci Pertumbuhan Ekonomi 7 Persen. Diakses dari CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20190527202520-532-398900/kein-sebut-umkm-kunci-pertumbuhan-ekonomi-7-persen.
Desra. (2020). Manfaat Pembukuan bagi Usaha Kecil. Diakses dari Jurnal by Mekari: https://www.jurnal.id/id/blog/manfaat-pembukuan-bagi-usaha-kecil/.
Kementerian Koperasi dan UKM. (2018). Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Usaha Besar (UB) Tahun 2017-2018. Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM.
Klimchuk, M. R., & Krasovec, S. A. (2006). Desain Kemasan: Perencanaan Merk Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (1999). Manajemen Pemasaran, Jilid II, Edisi Milenium. Jakarta: Prenhallindo.
Pemerintah Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Pemerintah Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.
Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Published
2020-06-01
Section
Articles