Menumbuhkan Nilai Kewirausahaan Dan Daya Saing Pelaku Usaha Mikro Kecil Di Desa Pengulu, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik

 Abstract views: 33 ,  downloads: 27
  • Sutama Wisnu Dyatmika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tony Susilo Wibowo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Subakir Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Untung Lasiyono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: kewirausahaan, masyarakat, potensi desa

Abstract

Kewirausahaan dapat menyerap banyak tenaga kerja sehingga mampu menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran. Saat ini semua negara terus memperhatikan perkembangan dunia wirausaha mulai dari sektor agraris hingga sektor financial technology. Semua berupaya agar segala sektor yang ada dapat saling berkaitan dan membentuk sebuah pola ekosistem kuat guna menopang perekonomian negara. Demikian halnya yang terjadi di Desa Pengulu Kabupaten Gresik, di desa ini usia produktif lebih memilih untuk bekerja di kota besar terdekatnya yaitu Surabaya. Maka yang terjadi adalah tidak ada penggerak kewirausahaan yang potensial di desa ini. Padahal desa memiliki potensi olahan ikan yang sangat baik mengingat lokasi desa ini relatif dekat dengan pesisir. Untuk itu dilakukanlah program pengabdian masyarakat di Desa Pengulu, Sidayu, Gresik. Program ini dilakukan dengan rangkaian proses: Penyampaian Materi Mindset Kewirausahaan, Pemberian Contoh Sederhana, Nyata, dan Bisa Diduplikasi, dan Konsultasi Teknis dan Optimalisasi Aktivitas. Setelah dilakukan kegiatan ini, masyarakat menjadi sadar dan mnegrti pentingnya kewirausahaan. Bagi masyarakat yang telah melakukan aktivitas kewirausahaan ditemukan beberapa kendala yang akan dicari solusinya agar kedepannya mendapatkan hasil yang lebih baik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sutama Wisnu Dyatmika, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Staff Pengajar Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Adi Buana Surabaya

References

Anggraini, Bety dan Harnanik. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan Vol. X No. 1, 42–52.
Frinces, Z. Heflin. (2010). Pentingnya Profesi Wirausaha Di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan STIE Mitra Indonesia Yogyakarta, Volume 7 Nomor 1.
Helisia, M. (2019). Membangun Tradisi Entrepreneurship Pada Masyarakat. Jurnal Edunomika STIE AAS Surakarta. Vol. 03, No. 02.
Wahyu, Dwi. (2016). Membangun Perilaku Entrepreneur Pada Mahasiswa Melalui Entrepreneurship Education. Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi Vol. III, No 1.
Rujukan Website:
https://economy.okezone.com/read/2019/04/09/320/2040896/syarat-jadi-negara-maju-jumlah-pengusaha-14-dari-rasio-penduduk (diakses pada 16 April 2020 pukul 18.00)
https://www.antaranews.com/berita/761556/rasio-kewirausahaan-indonesia-naik-dalam-empat-tahun-terakhir (diakses pada 16 April 2020 pukul 19.00)
Published
2020-06-01
Section
Articles