Memaksimalkan Potensi Usaha Pelaku Umkm Melalui Inovasi Produk Olahan Hasil Pertanian Desa Banjarsari Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik

 Abstract views: 175 ,  downloads: 209
  • Teguh Purwanto
  • Yuni Sukandani
  • I Made Bagus Dwiarta
  • Aji Prasetyo
  • Mutiara Rachma Ardhiani
Keywords: UMKM, peningkatan potensi, e-commerce

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam meningkatkan ekonomi negara. UMKM memberikan kontribusi pada penambahan lapangan pekerjaan sebesar 60% dan pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 40%. Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia saat ini membuat perekonomian di berbagai negara jatuh, termasuk di Indonesia. Kondisi UMKM Indonesia selama pandemi mengalami berbagai penurunan. Perlu berbagai inovasi agar UMKM tetap dapat bertahan selama pandemi ini, salah satunya melalui inovasi produk serta memanfaatkan e-commerce sebagai media pemasaran dan distribusi. UMKM memiliki peluang dalam melakukan pemasaran online karena pengguna internet di Indonesia saat ini mengalami peningkatan yang sangat pesat. Situs belanja online (e-commerce) merupakan media yang ikut mengalami peningkatan. Hal ini dapat dimanfaatkan pelaku UMKM untuk mengembangkan pangsa pasarnya melalui e-commece.

Kata kunci : UMKM, peningkatan potensi, e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Finance Detik. 2020. https://finance.detik.com.
Herningtyas, R., & Wirasenjaya, A.M. 2019. Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Di Dusun Lopati Kelurahan Trimurti Kabupaten Bantul Yogyakarta. Proseding Seminar Nasional Abdimas II 2019.
Hidayat,T. 2019. Peningkatan Pendapatan Petani Melalui Aplikasi Teknologi Pengemasan Gula Aren Yang Diproduksi Di Hargomulyo, Kulonprogo.
Indardi. 2019 Peningkatan Ekonomi Masyarakat Dengan Perbaikan Nilai Tambah Olahan Singkong Semuluh Lor, Gunungkidul. Proseding Seminar Nasional Abdimas II 2019.
Kominfo. 2020. https://kominfo.go.id.
Nurdiarti, R.P., Wulandari, A., & Akbar, M. 2019. Manajemen Usaha Berbasis Media Sosial Pada UMKM “Bakpia Ivan” Di Desa Janten, Bantul. Proseding Seminar Nasional Abdimas II 2019.
Permana, S.H. 2017. Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Aspirasi, Vol. 8 No. 1.
Published
2020-12-30
Section
Articles