Pelatihan Pembuatan Nugget Jantung Pisang Kepada Ibu-Ibu PKK Kelurahan Sukorejo Kabupaten Lamongan Untuk Meningkatkan Pendapatan

 Abstract views: 166 ,  downloads: 199
  • Novi Darmayanti
  • Isnaini Anniswati R
  • Nurul Fauziyah
  • Fitri Amelia Sari
Keywords: nugget, jantung pisang, limbah tanaman

Abstract

Keberadaan jantung pisang saat ini di anggap sampah bagi masyarakat , padahal jika kita menelusuri jantung pisang memiliki manfaat yang  luar biasa bagi kesehatan. Jantung pisang mengandung berbagai zat yang baik bagi kesehatan seperti flavonoid , protein, fosfor, mineral, kalsium, vitamin B1,vitamin C, kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu jantung pisang sangat aman di konsumsi bagi anda yang sedang menjalani program diet karena kandungan lemaknya sangat sedikit dan memberi rasa kenyang yang lebih lama. Kebanyakan masayarakat terutama ibu ibu rumah tangga menganggap remeh jantung pisang ini karena harganya yang sangat murah dan biasanya hanya di konsumsi oleh kalangan pedesaan. Jantung pisang berpotensi memiliki nilai jual yang tinggi apabila diolah secara baik dan benar serta dikemas secara menarik hingga menjadi suatu produk makanan. Metode pelaksanaan kegiatan percobaan dengan memanfaatkan dan mengolah jantung pisang menggunakan satu buah jantung pisang yang dicampur dengan bumbualami. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah dengan adanya pengolahan nugget dari jantung pisang tersebut adalah (1) menjadi peluang usaha bagi masyarakat pedesaan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi, (2) mengatasi permasalahan terkait limbah tanaman yang dapat mengotori dan mencemari lingkungan.

 

Kata Kunci: nugget, jantung pisang, limbah tanaman

Downloads

Download data is not yet available.

References

Enny Zuhni Khayati. (1997). Ilmu kewirausahawan. Yogyakarta: FPTK IKIP Yogyakarta.
M. Hasanuddin, Widjiyati, dkk. (2001). Penerimaan Penerapan Zat Warna Alam dan Kombinasinya pada Produk makanan nugget jantung pisang. Laporan Penelitian. Yogyakarta: BBKB.
Hasan, Masrur. 1994. Sejarah nugget (dokumen pribadi).
Musman Asti, Ambar B. Arini. 2011. Makaanan Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: G-Media.
Mifzal Abiyu. 2012. Mengenal Ragam makanan nusantara Jogjakarta: Javalitera.
Soerjanto. 1982. Sejarah Perkembangan makanan. Yogyakarta: Balai Besar Penelitian dan pengembangan industrri makanan inivatif.
Yuliati Dewi. 2009. Mengungkap Sejarah dnuggetjntung pisang. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Fitri Yaning Tyas. “Analisis jantung pisang”. e-Journal Ilmu Komunikasi.Volume 1, Nomor 04,
Gde Yosef Tj. Filsafat sebagai Dasar Kajian dalam Penerapan Makanan berbahan jantung pisang. Jurnal ilmiah “PRABANGKARA”. Volume 14 Nomor 17 Tahun 2011.ISSN 1412-0380. Hal 73-81.Himmatul Hanifa, Yuhri Inang Prihatina. “Makanan”. e-Journal Edisi Yudisium. Volume 02 Nomor 01, Februari 2013.65-71.
Published
2020-12-30
Section
Articles