Pengelolaan Pemasaran Online UMKM Menghadapi Tatanan Kehidupan Baru Desa Banjarsari Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

 Abstract views: 197 ,  downloads: 165
  • Nashrudin Latif
  • Edy Sulistiyawan
  • R. Bambang Dwi Waryanto
  • Sugijanto
  • Siti Istikhoroh
Keywords: Pemasaran Online, Media Promosi, Desa Wisata

Abstract

Posisi strategis Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) patut diapresiasi dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi pedesaan khususnya Desa Banjarsari. Peran vital UMKM sangat dibutuhkan untuk menunjang rencana strategis pemerintahan desa membangun konsep Desa Wisata. Keterkaitan UMKM dengan konsep Desa Wisata memerlukan upaya bersama dalam mengembangkan produk lokal, salahsatunya melalui pemasaran online. Pemasaran online menjadi basis utama mensinergikan pengetahuan produk dan jasa kepada calon pengunjung Desa Wisata, sehingga dibutuhkan pengetahuan dan ketrampilan terkait penggunaan ragam media online sebagai sarana promosi produk dan jasa wisata bagi penduduk Desa Banjarsari. Kapasitas dan kemampuan warga desa Banjarsari dalam menjalankan aktivitas pemasaran online sangat beragam dari sisi demografi baik usia maupun pendidikan. Kesenjangan yang terjadi membutuhkan standar wawasan. Wawasan kebaruan dalam menghadapi tata kehidupan baru di masa pandemi menciptakan peluang munculnya kreasi Desa Wisata. Akselerasi kebutuhan pengetahuan dan ketrampilan standar pemasaran online tersebut diupayakan melalui program pengabdian kepada masyarakat, dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan penggunaan media promosi secara online atas sumberdaya yang dimiliki oleh masyarakat Desa Banjarsari baik produk UMKM atau Desa Wisata yang ingin dikembangkan.

 

Kata kunci : Pemasaran Online, Media Promosi, Desa Wisata

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bambang. 2019. Strategi Optimalisasi Pemanfaatan ¬e-Marketing Dalam Pemasaran Desa Wisata Karangsalam. Proseding Seminar Nasional dan Call for Papers
Edy, Imam Trisno, dkk. 2019. Pelatihan ‘Online Marketing’ Bagi Pelaku Usaha Di Kecamatan Laren Lamongan Dalam Rangka Pengembangan Desa Wisata Menjadi Destinasi Digital. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol. 2, No.2
Hasan, Ali, & Setiyaningtiyas, Niken Widiati. 2015. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Pada Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Desa Wisata Ngalnggeran Gunung Kidul. Jurnal Media Wisata, Volume 13 nomor 1
Harjito, Dwipraptono Agus; & Golda, Nensi. 2018. KKN-PPM Pengembangan Desa Wisata Somongari di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Asian Journal of Innovation and Entrepreneruship, Vol 03, Issue 03.
Irfanudin, dkk. 2020. Peran Seo Dalam Meningkatkan Reliabilitas Pemasaran Produk Via Media Online Pada Forum Muslimah Depok. Dedikasi PKM UNPAM, Vol.1, No.1
Kurnianti, Apsari Wahyu. 2018. Strategi Komunikasi Pemasaran Digital sebagai Penggerak Desa Wisata Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Riset Komunikasi, Volume 1 Nomor 1: 180-190.
Lesmana, I Putu Dody, dkk. 2018. Pengembangan Pemasaran Online Kerajinan Anyaman Bambu Antirogo Jember Melalui Media Internet. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia Vol. 1, No. 1 : 17-24
Susyanti, Dewi Winarni. 2013. Potensi Desa Melalui Pariwisata Pedesaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1) : 33 – 36.
https://republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/04/21/o5zjzz336-dongkrak-potensi-perikanan-gresik-kembangkan-kawasan-minapolitan, diakses 08 Agustus 2020
http://www.depkop.go.id/data-umkm, diakses 08 Agustus 2020
Published
2020-12-30
Section
Articles