Meningkatkan Pangsa Pasar UMKM Di Desa Banjarkemantren, Kabupaten Sidoarjo Melalui Digital Marketing

 Abstract views: 150 ,  downloads: 87
  • Mochammad Munir Rachman
  • Aristha Purwanthari Sawitri
  • I Made Bagus Dwiartha
  • R. Bambang Dwi Waryanto
Keywords: UMKM, Digital Marketing, Warga Desa Banjarkemantren

Abstract

Usaha pada sektor UMKM di desa Banjarkemantren yang ditekuni oleh para pelaku usaha home industry belum dapat menunjukkan hasil yang maksimal. Karena pelaku usaha rumahan memasuki pangsa pasar di era pandemi, agak sulit terutama dalam cara memasarkan produk olahannya. Observasi ini dilakukan dengan metode eksplanatif terhadap 15 pelaku usaha rumahan. Hasil temuan menunjukkan bahwa sebagian warga Desa Banjarkemantren belum memahami penggunaan media sosial sebagai sarana penjualan produk olahan rumah tangga. Dukungan tim dalam menggunakan media sosial untuk berkreasi dan memberikan informasi kepada konsumen antara lain melalui BBM (blackberry Messenger), FB (Facebook), WA (Whatsapp), IG (Instagram), Youtube, email dan Tik Tok, sangat positif dengan penggunaan tersebut. dari pemasaran digital. Oleh karena itu, peluang seperti ini sangat bagus, dan warga tidak merasa kehilangan kesempatan yang bermanfaat untuk menimba ilmu tentang teknologi digital. Warga desa sebagai pelaku bisnis mendapatkan pembinaan dan pelatihan dari tim dalam memanfaatkan digital marketing. Hal ini menjadi salah satu cara untuk membangkitkan semangat para pengusaha home industry dalam meraih kesuksesan bisnis melalui digital marketing.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alford, P. and Page, S.J. (2015). Marketing Technology For Adoption By Small Business. The Service Industries Journal. Vol. 35, Nos. 11–12, 655–669.
Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.
Chaffey, Dave, Richard Mayer, Kevin Johnston, and Fiona Ellis-Chadwick. (2015). Internet Marketing: Strategy, Implementattion And Practice. London, England: Pearson Education Limited.
Febriyantoro, Mohamad Trio dan Arisandi, Debby. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara. Vol 1 No 2, Desember 2018, halaman 62 - 76
Gretz, R. T. and Basuroy, S. (2013). Why Quality May Not Always Win: The Impact of Product Generation Life Cycles on Quality and Net¬work Effects in High-tech Markets. Journal of Retailing. 89(3), 281–300.
Hapsoro, Bayu Bagas, Palupiningdyah, dan Slamet, Achmad. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. ABDIMAS. 23 (2), Desember 2019: 117-120.
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management. 15th Global Edition. ISBN 978-0-13-385646-0. London, England: Pearson Education, Inc.
Longenecker, Justin G. Moore, Carlos W. Petty, J. William, (2013). Small Business Management. Seventeenth Edition. United States: Amazon, Cengage Learning. September 26.
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Jibeka. 11(2), 46–53.
Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital): Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah Dalam Pengembangan UMKM Di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 89-95.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM). 1(1), 1-17.
Putra, O. dan Saktya, D. (2015). Pengaruh Pelatihan Keterampilan Menjual Terhadap Peningkatan Kinerja Penjualan Pada Bagian Staf Marketing PT. BPR MEKAR NUGRAHA. Jurnal Prediksi. 1(4), 72–80.
Rachman, Mochammad Munir. (2018). Metodologi Penelitian. Cetakan Ketiga. Surabaya: Unipress, Universitas PGRI Adi Buana.
Rudjito (2003). Strategi pengembangan UMKM Berbasis Sinergi Bisnis. Makalah yang disampaikan pada Seminar Peran Perbankan dalam memperkokoh Ketahanan Nasional. Kerjasama Lemhanas RI dengan BRI, April.
Sanjaya, Ridwan dan Tarigan, Josua. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo
Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R., Ramdani, H., & Hendriyanto, A. (2016). Strategi Pengembangan UKM Digital dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia, 16(2), 136-147.
Wardhana, Aditya. (2015). Strategi Digital Marketing Dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV. pp. 327–337. Universitas Pendidikan Indonesia.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Jaringan. Dokumentasi dan Informasi Hukum Kementerian Sekretariat Negara.
Published
2021-06-30
Section
Articles