Business Plan Sebagai Alternatif Strategi Pengembangan UMKM Di Desa Banjarkemantren Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo

 Abstract views: 91 ,  downloads: 58
  • Ferry Hariawan
  • Tri Ariprabowo
  • Aji Prasetyo
  • Teguh Purwanto
  • Noerchoidah
Keywords: Desa Banjarkemantren, UMKM, Business Model Canvas, BMC

Abstract

Usaha rumahan di sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) telah di rintis oleh warga Desa Banjarkemantren mulai menunjukan hasil yang cukup baik meskipun kurang maksimal. Dibutuhkan strategi dalam pengembangan UMKM agar bisnis yang dijalani bisa lebih maksimal. Oleh karena itu, diperlukan sebuah model bisnis untuk mempermudah para pelaku UMKM dalam merancang, mengevaluasi, dan mengelola bisnisnya. Sebagai alternatif strategi pengembangan UMKM Di Desa Banjarkemantren Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo, salah satu model Business Plan yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC). Dengan menggunakan Business Model Canvas, maka para pelaku UMKM memperoleh 9 aspek tentang gambaran model bisnis. 9 aspek tersebut diantaranya adalah Customer Segments, Value Propositions, Channels, Customer Relationships, Revenue Stream, Key Resources, Key Activities, Key Partnerships dan Cost Structure. Para pelaku UMKM dapat melakukan analisis bisnisnya dengan mengevaluasi 9 (sembilan) aspek yang telah di jelaskan sehingga dapat menyusun strategi pengembangan UMKMnya. Dengan dibantu oleh mahasiswa Universitas PGRI Adi buana Surabaya dan Tim Pengabdian Pada Masyarakat Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Adi buana Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hariawan, F., Latif, N., & Faculty, B. (2021). SCANNING RITEL STORE USING THE BUSINESS MODEL CANVAS. 2021(1), 108–115.
Osterwalder, A., Y. Pigneur. 2016. Business Model Generation. Jakarta (ID). PT. Elex Media Komputindo
Rezqi Muhammad Gilang, Astri Ghina. Analisis Model Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Bidang Sepatu Dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Studi Kasus : UMKM “GZL” dan UMKM “ASJ” Di Kota Bandung Pada Tahun 2014. 2015. e-Proceeding of Management.
Tim PPM Manajemen 2014. Business Model Canvas Penerapan di Indonesia. Jakarta: Penerbit PPM.
Wijayanti, Nur., Hidayat, Hety Handayani. (2020). Model Business Canvas (BMC) sebagai Strategi Penguatan Kompetensi UMKM Makanan Ringan di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jurnal Agroindustri Halal ISSN 2442-3548 Volume 6 Nomor 2, Oktober 2020 114 – 121.
Published
2021-06-30
Section
Articles