PENGELOMPOKAN PROVINSI DI INDONESIA BERDASARKAN PERSENTASE RUMAH TANGGA MENURUT KUALITAS FISIK AIR MINUM DENGAN MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTER

  • Artanti Indrasetianingsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Kebutuhan akan air bersih dan layak, baik untuk dikonsumsi maupun untuk keperluan lain seperti mandi, masak, dan lain-lain di Indonesia terus meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Sedangkan ketersediaan air bersih cenderung berkurang karena adanya kerusakan alam dan pencemaran lingkungan. Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 492/Menkes/Per/IV/2010 menerangkan bahwa parameter fisik air bersih yang aman bagi kesehatan meliputi bau, warna, total zat padat terlarut (TDS), kekeruhan, rasa dan suhu. Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dan perilaku masyarakat dalam meningkatkan kualitas lingkungannya agar menjadi lebih baik, khususnya dalam ketersediaan air bersih, masih perlu ditingkatkan.. Tujuan dari penelitian ini adalah mengelompokkan provinsi di Indonesia berdasarkan persentase rumah tangga menurut kualitas fisik air minum dengan menggunakan analisis cluster non hirarki, yaitu K-Means Cluster. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, yaitu data persentase rumah tangga berdasarkan kualitas fisik air minum menurut provinsi di Indonesia. Kualitas fisik air minum yang dimaksud adalah tidak keruh, tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbusa, tidak berbau dan baik. Langkah-langkah analisis yang dilakukan adalah analisis deskriptif dan analisis K-Means Cluster. Hasil analisis K-Means Cluster diperoleh 2 cluster, yaitu cluster 1 (Persentase rumah tangga yang kualitas fisik air minumnya kurang dari rata-rata persentase kualitas fisik air minum secara nasional) terdiri dari 3 provinsi (Aceh, Nusa Tenggara Timur dan Papua) dan cluster 2 (Persentase rumah tangga yang lebih dari rata-rata persentase kualitas fisik air minum secara nasional) terdiri dari 33 provinsi di luar cluster 1.

References

Alfina,dkk., (2012), Analisis Perbandingan Metode Hierarchical Clustering, K-Means dan Gabungan Keduanya dalam Cluster Data (Studi Kasus: Problem Kerja Praktek Jurusan Teknik Industri ITS, Jurnal Teknik ITS, Vol. 1., ISSN:2301-9271, http://ejurnal2.its.ac.id/index.php/teknik/article/viewFile/1794/600, Tanggal akses : 2 Juli 2015.

Alfina,dkk., (2012), Analisis Perbandingan Metode Hierarchical Clustering, K-Means dan Gabungan Keduanya dalam Cluster Data (Studi Kasus: Problem Kerja Praktek Jurusan Teknik Industri ITS, Jurnal Teknik ITS, Vol. 1., ISSN:2301-9271,

Febriyana, (2011), Analisis Klaster K-Means dan K-Median pada Data Indikator Kemiskinan (studi kasus data indicator Kemiskinan Kabupaten di Indonesia tahun 2009), Skripsi, repository.uinjkt.ac.id.,Tanggal akses : 2 Juli 2015

Gujarati, D. N., (2004), Basic Econometrics, Fourth Edition, McGraw-Hill, New York.

Hair, J. F, Jr. dkk, (2006), Multivariate Data Analysis, Sixth Edition, Pearson Prentice Hall, New Jersey.

Johnson, R.A. dan Wichern, D. W., (1998), Applied Multivariate Statistical Analysis, Prentice-Hall, Inc., New Jersey.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, (2014), Profil Data Kesehatan Indonesia Tahun 2013, www.depkes.go.id, Tanggal akses : 10 Juni 2015.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 492/Menkes/Per/IV/2010, www.litbang.depkes.go.id., Tanggal akses : 10 Juni 2015.

Rismawan, T. dan Kusumadewi, S., (2008), Aplikasi K-Means untuk Pengelompokkan Mahasiswa Berdasarkan Nilai Body Mass Index (BMI) dan Ukuran Kerangka, Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, ISSN:1907-5022., Journal.uii.ac.id/index.snati/article/, Tanggal akses : 2 Juli 2015.

Santoso, S., (2012), Aplikasi SPSS pada Statistik Multivariate, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Unicef Indonesia, (2012), Air Bersih, Sanitasi dan Kebersihan, Ringkasan Kajian, Oktober 2012, www.unicef.or.id, Tanggal akses : 14 Juni 2015.

Published
2015-07-01
How to Cite
Indrasetianingsih, A. (2015). PENGELOMPOKAN PROVINSI DI INDONESIA BERDASARKAN PERSENTASE RUMAH TANGGA MENURUT KUALITAS FISIK AIR MINUM DENGAN MENGGUNAKAN K-MEANS CLUSTER. J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori Dan Aplikasi Statistika, 7(1). https://doi.org/10.36456/jstat.vol7.no1.a166