Sistem Pemetaan dan Analisa Kualitas Pendidikan Jenjang SMASederajat di KabupatenKota di Jawa Timur

 Abstract views: 50 ,  downloads: 0
  • Rani Kemala Trapsilasiwi

Abstract

Education Department of East Java Province as the implementation of education activities in East Java Province, which are 29 districts and 9 cities, need to manage education service well, so that can be equally and used by public. To make a decision, it takes valid, appropriate and right time so that the information can be used as a reference in the policies formulation both planning and organizing education.  This research is intend to know the quality of high school education in district/city in East Java using the fuzzy sugeno method. We use thirteen educational indicators then be divided three groups are participation numbers, level of service, and output quality. Every group will be calculated by sugeno fuzzy, using each indicators as an input variables in fuzzy. Results from three fuzzy calculations will be variables in the last fuzzy calculations to get the value of high school education quality. The results of this research are high school education quality in East Java which is displayed in mapping visualization. Education Department and public can know how the quality of education in the area and other areas in East Java.

 

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sebagai pelaksana kegiatan pendidikan di Provinsi Jawa Timur, dengan jumlah Kabupaten/Kota sebanyak 38 Kabupaten/Kota, perlu mengelola pelayanan pendidikan dengan baik, agar dapat merata dan dirasakan oleh seluruh masyarakat. Untuk mengambil sebuah keputusan, dibutuhkan data yang valid, tepat guna, dan tepat waktu agar informasi yang dihasilkan dapat digunakan sebagai acuan dalam perumusan kebijakan baik perencanaan maupun penyelenggaraan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pendidikan jenjang SMA/Sederajat di Kabupaten/Kota dengan menggunakan metode fuzzy sugeno. Sebanyak 13 indikator pendidikan yang digunakan dibagi menjadi tiga kelompok yaitu angka partisipasi, jenjang pelayanan, dan kualitas output. Setiap kelompok akan dilakukan perhitungan fuzzy sugeno dengan menggunakan indikator masing-masing sebagai variabel input pada fuzzy. Hasil dari tiga perhitungan fuzzy tersebut akan dijadikan variabel pada perhitungan fuzzy terakhir untuk mendapatkan nilai kualitas pendidikan jenjang SMA/Sederajat di Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat kualitas pendidikan jenjang SMA/Sederajat di Jawa Timur yang ditampilkan dalam bentuk visualisasi pemetaan. Sehingga Dinas pendidikan maupun masyarakat dapat mengetahui bagaimana kualitas pendidikan di daerahnya dan daerah-daerah lainnya di Jawa Timur.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-31
How to Cite
Trapsilasiwi, R. K. (2019). Sistem Pemetaan dan Analisa Kualitas Pendidikan Jenjang SMASederajat di KabupatenKota di Jawa Timur. J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori Dan Aplikasi Statistika, 12(2), 42-49. https://doi.org/10.36456/jstat.vol12.no2.a2212