Kriteria Efisiensi Pelayanan Terminal Bus Berbasis Data Envelopment Analysis

 Abstract views: 133 ,  downloads: 125
  • evita purnaningrum Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Data Envelopment Analysis, Terminal Bus, Decision making, Linier Programming, Operations Research, Efficiency

Abstract

Pengambilan keputusan (Decision Making) dalam suatu organisasi diperlukan perhitungan yang tepat karena berdampak pada keberlanjutan suatu organisasi. Salah satu metode untuk menentukan keputusan organisasi adalah menentukan efesiensi dari beberapa cabang perusahaan, dan memperbaiki cabang perusahaan yang belum efesiens. Efisiensi merupakan ukuran yang penting untuk kondisi operasional perusahaan dan indikator keberhasilan dari sebuah perusahaan secara individual setelah membandingkan dengan semua perusahaan lain yang sejenis. Salah satu metode untuk menentukan kriteria efisiensi adalah Data Envelopment Analysis(DEA). DEA adalah teknik nonparametrik untuk memperkirakan efisiensi teknis dari serangkaian Decision Making Unit(DMU) dari database yang terdiri dari input dan output. hasil pembahasan dari kriteria efisiensi pelayanan terminal bus adalah ada bagian yang perlu diperbaiki untuk peningkatan kinerja operasional yang mempengaruhi kepuasan pelayanan kepada masyarakat. Hasil studi kasus pada terminal purabaya dan tambak oso wilangun adalah Terminal purabaya berdasarkan kriteria efesiensi pelayanan terminal bus sudah efesien ( berbasis Data Envelopment Analysis. Terminal Tambak Oso Wilangun (   perlu perbaikan dengan efektifitas penggunaan lahan sebesar   dan penambahan keberangkatan bus

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryani, D. dan Rosinta, F. 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi,Bisnis dan Birokrasi  Vol 17 No. 2 hal 114-126.

Elu, Balthasar. 2005. Manajemen Penanganan Komplain Konsumen di Industri Jasa. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi,Bisnis &Birokrasi, Vol. 13, No. 3.

http://dishub.surabaya.go.id/. Diakses pada tanggal 04 Maret 2016 jam 16.00WIB

https://purabayabusterminal.wordpress.com/profil/. Diakses pada tanggal 04 Maret 2016 jam 16.15WIB

http://terminalwilangon.blogspot.co.id/p/profile_1.html.  Diakses pada tanggal 04 Maret 2016 jam 16.15 WIB

Lo, Storto,  C. 2014. Measuring performance in the public administration sector: An analysis of websites Effeciency. Advanced science letters, 20(1),272-275.

Sorzabal, A.A et al. 2015. Obtaining the effeciency of Tourism Destination website based on Data Envelopment Analysis.Procedia-Social and Behavior Sciences 175 pg 58-65.

Taha, Hamdy. 2008. Operation Research:An Introduction ed 8th, Pearson Education,Inc., New Jersey.

Yeni, Suparno. 2015. Penerapan Data Envelopment analysis dalam pemilihan supplier dan perbaikan performasi suplier. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi II. Surabaya.

Published
2016-10-19
How to Cite
evita purnaningrum. (2016). Kriteria Efisiensi Pelayanan Terminal Bus Berbasis Data Envelopment Analysis. J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori Dan Aplikasi Statistika, 9(1). https://doi.org/10.36456/jstat.vol9.no1.a296

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>