ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KLINIK ARYA HUSADA MEDIKA SIDOARJO

 Abstract views: 165 ,  downloads: 718
  • ernawati ernawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Kesehatan merupakan kebutuhan manusia yang utama dan prioritas yang
mendasar dalam kehidupan. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan untuk
masyarakat yang tinggal di daerah di Indonesia adalah melalui pusat Kesehatan
masyarakat yang bertempat di kecamatan-kecamatan sebagai pengganti
keberadaan rumah sakit dan klinik-klink kesehatan yang bertanggung jawab atas
kesehatan rakyat. Penelitian ini dikalukan di Klinik Arya Husada Medika
Sidoarjo, yang diteliti adalah bagaimana karakteristik pasien di klinik dan Faktorfaktor
apa saja yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien di klinik. Dengan
tujuan untuk mengetahui karakteristik pasien di klinik dan Mengetahui faktorfaktor
apa saja yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien di klinik. Sampel yang
akan diteliti adalah pasien yang pernah mendapatkan pelayanan di Klinik Arya
Husada Medika Sidoarjo tercatat pada bulan Juli sampai awal agustus 2013,
Berusia 15 tahun ke atas dengan jumlah 100 pasien. Analisis statistik yang
digunakan adalah Analisis deskriptif bertujuan untuk mengubah kumpulan data
mentah menjadi mudah dipahami dalam bentuk informasi yang lebih ringkas, dan
Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk mengetahui untuk
menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan kepuasan pasien.
Karakteristik pasien dari Klinik Arya Husada Medika adalah mayoritas
perempuan sebesar 57%, Usia 36–45 Tahun 46%, Pendidikan Terakhir Perguruan
Tinggi sebesat 44%, Status Pernikahan sudah Menikah sebesar 69%, dan Jenis
Pekerjaan adalah Wiraswasta / Pengusaha sebesar 38%. Dari analisis SEM bahwa
kualitas pelayanan yang memperngaruhi kepuasan pasien adalah Faktor
Assurance, Responseveness, Empathy, dan Tangibles. Keempat faktor tersebut
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelayanan di klinik
Arya Husada Medika. Kualitas yang paling besar berepengaruh adalah faktor
Tangibles. Kepuasan pelayanan dipengaruhi kualitas Responsiveness sebesar
0,05, dipengaruhi kualitas Ansurance sebesar 0,12, Empathy sebesar 0,07, dan
dipengaruhi kualitas Tangibles sebesar 0,15.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2003. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2009. Dasar – dasar evaluasi Pendididkan (Edisi Revisi). Jakarta :
Bumi Aksara
Budi, Ferdi Utama. 2011. Analisisi Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas
Pelayanan Puskesmas Keputih. Jurusan Statistik FMIPA ITS Surabaya
Dimiyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka
Cipta
Hari wijaya, Setyo. 2008. Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8.
Yogyakarta : Graha Ilmu
Hartanto Sunardi, Wara Pramesti. 2008. Statistik. University Press Adi
Buana Surabaya
Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta : Bumi
Aksara
J. Supranto. 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan
Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta
J. Supranto. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan
Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta
Nurmansyah, Andarian Arif. 2011. Analisis Faktor yang Mempengaruhi
Kepuasan Pelanggan PDAM Kota Gresik (Studi Kasus Pada Masyarkat
Kecamatan Gresik). Jurusan Statistik FMIPA ITS Surabaya
Santoso, Singgih .2012. Analisis SEM Menggunakan AMOS. Jakarta : Elex
Media Komputindo
Sudjana. 1996. Metode Statistika Bandung : Tarsito
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bndung : Tarsito
Sufyan, Ichsan. 2008. Partisispasi Masyarakat Surabaya dalam Pembuatan
Kebijakan Pemerintah Kota (Studi Kasus Kecamatan Sukolilo
Surabaya). Jurusan Statistik FMIPA ITS Surabaya
Sugiyono. 2002. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Ikatan Penerbitan
Indonesia
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta :
Rineka Cipta
Susanto Priyo Hastono, Luknis sabri.
2006. Statistik Kesehatan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Published
2014-07-01
How to Cite
ernawati, ernawati. (2014). ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KLINIK ARYA HUSADA MEDIKA SIDOARJO. J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori Dan Aplikasi Statistika, 6(1). https://doi.org/10.36456/jstat.vol6.no1.a305