ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA DALAM MEMILIH PROVIDER TELEKOMUNIKASI

 Abstract views: 76 ,  downloads: 466
  • tri palupi aspari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Komunikasi merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting.
Komunikasi dibutuhkan untuk memperoleh atau memberi informasi dari atau
kepada orang lain. Salah satu sistem komunikasi yang berkembang pesat pada era
globalisasi sekarang ini adalah telepon seluler atau biasa disebut dengan
handphone. Handphone merupakan salah satu media telekomunikasi yang sangat
dibutuhkan untuk kebutuhan sehari-hari bagi semua orang, khususnya begitu juga
dikalangan mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dalam pemilihan
provider telekomunikasi setiap mahasiswa itu berbeda-beda, karena setiap
mahasiswa memiliki perilaku yang tidak sama antara mahasiswa yang satu dengan
mahasiswa yang lain. Ada empat faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen,
yaitu faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui faktor Kebudayaan, Sosial, Pribadi dan Psikologis
berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa Universitas PGRI Adi
Buana Surabaya memilih provider telekomunikasi. Metode analisis yang
digunakan adalah metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) untuk
mengetahui pengaruh faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis terhadap
keputusan pemilihan mahasiswa dalam memilih proovider telekomunikasi. Dan
juga Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk mengkorfimasi indikator
terhadap variabel laten. Hasil yang diperoleh adalah faktor kebudayaan, sosial,
pribadi dan psikologis berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa
Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dalam memilih provider telekomunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wijanto, Setyo Hari. 2008. Structual Equation Modeling dengan LISREL 8.8
Konsep dan Tutorial. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Azwar, S. 1997. Reliabilitas Dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bahar, Siti Hadija. 2012. Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Tersedia pada
http://pengertian-skripsi-blogspot.com. Diakses, 15 Desember 2012.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin lane. 2009. Manajemen Pemasaran edisi tiga
belas. Jakarta: Erlangga.
Riduwan dan Sunarto. 2003. Pengantar Statistik untuk Penelitian Bandung:
Alfabeta.
Santoso, Singgih. 2012. Ananlisis SEM Menggunakan Amos. Jakarta: Elex Media
Komputindo.
Sarwono, Jonathan. 2008. Structural Equation Modeling. Tersedia pada
http://www.jonathansarwono.info/sem/sem.htm. Diakses, 15 September
2013.
Sofyanto, Ichsan. 2008. Partisipasi Masyarakat Surabaya dalam Pembuatan
Kebijakan Pemerintah Kota (Studi Kasus Kecamatan Sukolilo
Surabaya). (Tugas Akhir Tidak Dipublikasikan). Surabaya: Institus
Teknologi Sepuluh Nopember.
Utama, Ferdi Budi. 2011. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas
Pelayanan Pukesmas Keputih. (Tugas Akhir tidak dipublikasikan).
Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Published
2014-07-01
How to Cite
aspari, tri palupi. (2014). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA DALAM MEMILIH PROVIDER TELEKOMUNIKASI. J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori Dan Aplikasi Statistika, 6(1). https://doi.org/10.36456/jstat.vol6.no1.a306