ANALISIS CLUSTER PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK HANDPHONE UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI PENJUALAN di ZICOMS

  • lilia arum suryanita Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • permadina kanah arieska

Abstract

Handphone adalah salah satu perkembangan alat komunikasi dan perangkat telekomunikasi elektronik yang dapat dibawa ke mana-mana serta tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah–langkah analisis cluster dengan metode Complete Linkage serta mengelompokkan persepsi konsumen terhadap produk handphone dalam menentukan strategi promosi penjualan di toko Zicoms.

Langkah-langkah analisis cluster menggunakan metode Complete Linkage yaitu  diawali  dengan  mencari  dua  obyek  terdekat  dan  keduanya  membentuk cluster yang pertama. Langkah selanjutnya yaitu menghitung jarak terjauh antara cluster pertama  yang telah terbentuk dengan obyek lainnya, dengan demikian terbentuk matriks jarak  yang baru. Proses ini akan berlanjut sampai akhirnya terbentuk cluster tunggal.

Hasil dari pengelompokkan tersebut terbentuk 4 cluster dengan cluster 1 berjumlah 9 responden, cluster 2 berjumlah 21 responden, cluster 3 berjumlah 6 responden, dan cluster 4 berjumlah 4 responden. Berdasarkan hasil pengelompokkan  tersebut,  dengan  jumlah  responden  terbanyak  terletak  pada cluster 2 maka saran promosi diprioritaskan terhadap cluster 2

References

Aaker, David  A. 1997.  Manajemen  Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek. Cetakan Pertama. Jakarta: Mitra Utama.

Dharmesta, Basu Swastha dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty.

Dunne, Lusch, Griffith. 2002. Retaling (4th ed). New York : south-western, a division of thomsom learning

Fitzsimmons, James A., Mona J. Fitzsimmons. 2004. Service Management: Operation,  Strategy  and  Information  Technology,  4ed.  New  York  : McGraw-Hill.

Foster, Bob. 2008 . Manajemen Ritel. Bandung : Alfabeta.

Hair, Jr., Joseph, F., Rolph E., Anderson, Ronald., L., Tatham and William C., Black. 1998. Multivariate Data Analysis 5th Edition. New Jersey : Prentice- Hall International Inc.

Johnson, R.A and Wichern, D W. 1992. Applied Multivariat Statistical Analysis.

New Jersey : Prentice Hall. Engle wood Cluffs.       2007.   Applied   Multivariate   Statistical Analysis, Sixth Edition, New Jersey : Prentice Hall.

Julita. 2001. Menuju Kepuasan Pelanggan Melalui Penciptaan Kualitas Pelayanan. Dalam Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Univ Muhammadiyah Sumut, Vol 01.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2001. Prinsip – Prinsip Pemasaran, edisi kedelapan, jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas Jilid Dua. Jakarta: Indeks.

Peter,  J  Paul.,  and  Olson.,  Jerry  C,.  2000.  Consumer  Behavior:  Perilaku Konsumen   dan   Strategi   Pemasaran.   Terjemahan   Damos   Sihombing. Jakarta: Jilid 1. Edisi 4, Erlangga.

Santoso,   Singgih.   2010.   Statistik   Multivariat.   Jakarta   :   PT   Elex   Media Komputindo.

Simamora,  Bilson.  2005.  Analisis Multivariat  Pemasaran.  Jakarta :  Gramedia Pustaka Utama.

Siregar,   Syofian.   2010.   Statistika   Deskriptif   untuk   Penelitian.   Jakarta   : RajaGrafindo Persada.

Sujarweni, Wiratna V dan Endrayanto, Poly. 2012. Statistika Untuk Penelitian.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama. Sugiyono, Prof. Dr. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Supranto,  J.  2000.  Teknik  Sampling  untuk  Survei  dan  Eksperimen.  Jakarta  : Rineka Cipta. 2004. Analisis Multivariat Arti & Interpretasi. Jakarta : Rineka Cipta. Suprapto, Prof. J. 2004. Analisis Multivariat, Arti & Interpretasi. Jakarta : Rineka Cipta.

Stanton,  W.J.  dan  L.  Lamarto.  2001.  Prinsip  Pemasaran  Jilid  I.  Jakarta  : Erlangga.

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia Indonesia.

 Suhendar,A. 2009. Pengaruh Budaya Belajar Organisasi, Dukungan Manajemen, Daya Dukung Sarana, Dan Kualitas Pemanfaatan Internet Terhadap Kompetensi Guru http://asepsuhendar.wordpress.com/resumetesis/, diakses tanggal 27 Maret 2010.

Published
2015-12-29