ANALISIS KEPUASAN SISWA TERHADAP LAYANAN DI MAN TAMBAK BERAS JOMBANG

  • mukhtar rifa'i Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • edy sulistiyawan

Abstract

Setiap sekolah mempunyai cara yang tersendiri untuk memberikan layanan kepada siswa untuk mengembangkan sekolah tersebut menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel layanan apa sajakah yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa. Prosedur dalam penelitian ini yaitu, pertama membagi kuisioner kepada 117 siswa untuk 39 kelas X dan XI. Dari data hasil kuisioner tersebut kemudian dilakukan analisis. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi. Dari hasil analisis regresi didapatkan untuk uji F, variabel reliability (X1), responsiveness (X2), assurance (X3), empathy (X4), dan tangible (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap variabel kepuasan siswa terhadap layanan sekolah. Pada model regresi variabel tangible paling berpengaruh terhadap kepuasan siswa terhadap layan sekolah, oleh sebab itu variabel tangible (X5) adalah variabel yang lebih ditingkatkan dibandingkan variabel X1, X2, X3 dan X5.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013.Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta

Azwar, S. 2002. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar: Yogyakarta

Draper, N.R. dan Smith, H., (1992), Analisis Regresi Terjemahan Edisi Kedua, Gramedia, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariat dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariat dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Gujarati, D. 2009. Ekonometrika Dasar. Erlangga: Jakarta

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan. Implementasi dan Kontrol, Jilid I, PT Prehalindo: Jakarta 

Malhotra, Naresh, K. 2002. Marketing Research. Prantice Hall International Edirions: New Jersey

Moenir. 1998. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Bumi Aksara: Jakarta

Pasuraman, A. Zeithalms, V. Berry, L. 1998. SERVQUAL: Multiple Item Scale for Measuring Customer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing. Vol. 64 No. 1 pp 29-40

Prianto, Agus. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Siswa terhadap Layanan Pendidikan di Sekolah. STKIP PGRI Jombang: 2011

Retno, Dewi. 2010. Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien. Universitas Diponegoro: Semarang

Supranto,  J.  1997.  Pengukuran  Tingkat  Kepuasan  Pelanggan  untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Rineka Cipta: Jakarta 

Usman, Husaini.2006. Pengantar Statistika. Bumi Aksara: Yogyakarta

Walpole,  E.  Ronald.  1995.  Pengantar  Statistika,  Edisi ketiga.   PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

http://taufikhasbi.blogspot.com/2011/05/contoh-kuesioner-penelitiansurvei.html diakses tanggal 15 April 2015

http://www.spssindonesia.com/2014/02/analisis-regresi-multipes-denganspss.html diakses pada tanggal 20 April 2015

 

Published
2015-12-29