Pemodelan Regresi Spatial Autoregressive Fixed Effect Model Data Panel Pada Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Jawa Barat

 Abstract views: 123 ,  downloads: 119
  • Muhammad Irfan Rizki Universitas Padjadjaran
  • Teguh Ammar Taqiyyuddin Universitas Padjadjaran
Keywords: Kemiskinan, oomitied variebel, Spatial Autoregressive Fixed Effect Model

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu  permasalahan global yang terjadi di semua negara berkembang termasuk negara Indonesia. Pengentasan kemiskinanan menjadi prioritas utama dalam tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), dimana pengentasan kemiskinan menjadi tujuan pertama yang ingin dicapai.  Kemiskinana juga menjadi salahsatu permasalahan yang menjadi isu salahsatu isu strategis RPJMD tahun 2018-2023 yang menjadi pusat perhatian pemerintah khususnya di Provinsi Jawa Barat yang merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemiskinan di Provinsi Jawa Barat. Data kemiskinan tiap-tiap kabupaten/kota memiliki tingkat yang berbeda -beda, sehingga terdapat kemungkinan adanya efek spasial dalam data. Maka pemodelan harus mengakomodasi aspek spasial kemudian terbatasnya variabel yang dilibatkan karena keterbatasan data tentunya menimbulkan oomited variabel atau varaiebel yang relevan namun tidak ada dalam model maka digunakan pendekatan fixed effect model dalam mengatasi masalah tersebut. Sehingga pemodelan yang digunakan adalah Spatial Autoregressive Fixed Effact model ( SAR-FEM). Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Variabel Tingkat pengangguran terbuka, Indkes pembangunan Manusia dan persentase penduduk berpengaruh signifikan terhadap Tingginya tingkat kemiskina di Provinsi Jawa Barat. Model spatial lag fixed effect yang terbentuk dapat menjelaskan besarnya keragaman dari Tingkat Kemiskinan yang dapat dijelaskan oleh variabel prediktor sebesar 98.88% sedangkan 1.116% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam model.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Analisys Yan, X. & Xiao G.S. 2009. Linear Regression: Theory and Computing. World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd.

Anselin, L. 1988. Spatial Econometrics: Methods and Models. Dordrecth: Kluwer Academic Publishers.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. 2018. Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2018-2023. Bandung: Bappeda Jawa Barat.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. 2004. Strategi Nasional Penanggulangan Kemiskinan. Jakarta: Bappenas

Badan Pusat Statistik. (2016). Berita Resmi Statistik : Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2017). Berita Resmi Statistik : Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2018). Berita Resmi Statistik : Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2019). Berita Resmi Statistik : Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik. (2020). Berita Resmi Statistik : Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2020. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Baltagi, B. H. (2005). Econometric Analysis of Panel Data (3th ed.). New York: John Wiley & Sons, Ltd.

Draper, N.R. dan Smith, H. (1992). Applied Regression Analysis, Second Edition. New York: John Wiley and Sons.

Harlik, A. A. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemiskinan dan Pengangguran di Kota Jambi . Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah Vol. 1 No. 2, Oktober 2013 , 1-12.

Firman. (2019). Fixed Effect Panel Spatial Durbin Error Model Dalam Pengidentifikasian Faktor-Faktor Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Jawa BARAT. Departemen Statistika Universitas Padjadjaran, 1-73.

Gujarati, D. N. 2004. Basic Econometrics, Fourth Edition. New York: The Mc Graw-Hill Companies.

Napitupulu, A. S. (2007). Pengaruh Indikator Komposit IPM Terhadap Penurunan Jumlah Penduduk Miskin Di Sumatera Utara.

Rochaida, E. (2016). DAMPAK PERTUMBUHAN PENDUDUK TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KELUARGA SEJAHTERA DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Forum Ekonomi.

Sayifullah, & Gandasari, T. R. (2016). PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI BANTEN. JEQu, 236-255.

Sugiyono, L. 2003. Karakteristik Kemiskinan dan Pemetaan Penduduk Miskin Provinsi Jawa Barat. Thesis: Institut Pertanian Bogor.

Wooldridge, Jeffrey M. 2002. Econometric Analysis of Cross Section and Panel Data. London: The MIT Press.

Published
2021-07-31
How to Cite
Rizki, M. I., & Taqiyyuddin, T. A. (2021). Pemodelan Regresi Spatial Autoregressive Fixed Effect Model Data Panel Pada Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Jawa Barat. J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori Dan Aplikasi Statistika, 14(1), 44-51. https://doi.org/10.36456/jstat.vol14.no1.a3816