Submissions

Login or Register to make a submission.

Author Guidelines

PETUNUJUK BAGI PENULIS JURNAL

 

Sistematika

Artikel yang berupa hasil penelitian dengan sistematika: Judul, Nama Penulis, Abstrak, 1. Pendahuluan (berisi latar belakang permasalahan dan tujuan penulisan atau ruang lingkup tulisan), 2. Metode Penelitian, 3. Hasil dan Pembahasan, 4. Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka. Sedangkan artikel yang berupa analisis dan kajian teori disusun dengan sistematika: Judul, Nama Penulis, Abstrak, 1. Pendahuluan (berisi latar belakang permasalahan dan tujuan penulisan), 2. Hasil dan Pembahasan, 3. Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka. Penyunting berhak menyempurnakan kalimat tanpa mengubah maksud dari kalimat. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan revisi atau dasar rekomendasi dari penyunting. Panjang artikel diupayakan maksimum 15 halaman A4. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

 

Format

Artikel ditulis dalam bentuk ketikan 1,5 spasi, font 12 Palatino Linotype dalam kolom tunggal di atas kertas A4 (210 MM x 297 mm) dengan margin kiri 2,5 cm, margin kanan 1,5 cm, margin atas 3 cm, dan margin bawah 2,5 cm. Setiap halaman diberi nomor halaman. Khusus untuk judul (font 14), tempat penelitian/tempat bekerja penulis (font 12) dan abstrak (font 11) ditulis dalam kolom tunggal termasuk kata kuncinya.

 

Judul Artikel

Spesifik, efektif, dan ditulis dalam Bahasa Indonesia (maksimum 15 kata) dan Bahasa Inggris (maksimum 12 kata). Nama penulis ditulis lengkap (tanpa gelar akademik/sebutan apapun) disertai nama lokasi penelitian atau tempat penulis bekerja di bawah judul artikel serta alamat email.

 

Abstark

Ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang masing-masing diusahakan sekitar 200 kata, yang secara singkat memberikan gambaran aspek penting dan hasil pokok penelitian serta kesimpulannya. Abstrak dilengkapi dengan kata kunci yang sesuai (minimum 3 kata kunci).

 

Tabel dan Gambar

Harus diberi nomor secara berurutan sesuai dengan urutan pemunculannya. Setiap gambar dan tabel perlu judul singkat yang diletakkan di atas untuk tabel dan diletakkan di bawah untuk gambar. Pembuatan tabel dan gambar dalam format hitam dan putih tanpa gambar latar belakang (background). Daftar pustaka yang ditulis hanya memuat sumber-sumberyang dirujuk dalam artikel. Daftar pustaka disusun dengan tata cara: Buku: Penulis. Tahun. Judul Buku (cetak tebal). Penerbit. Kota penerbit. Jurnal: Penulis. Tahun. Judul tulisan (cetak tebal). Nama jurnal (cetak miring). Volume (cetak tebal). Nomor. Halaman. Prosiding: Penulis. Tahun. Judul tulisan (cetak tebal). Nama seminar (cetak miring). Tanggal seminar. Halaman. Tesis/Tugas Akhir: Penulis. Tahun. Judul tesis (cetak tebal). Tesis/Tugas Akhir. Universitas. Penulisan pustaka dalam sub bab artikel ditulis dengan nama penulis dan tahun penerbitan di dalam kurung (penulis, tahun).