PENERAPAN QUANTUM LEARNING PADA PEMBELAJARAN BUSANA PRIA DI SMKN 3 KEDIRI

Quantum Learning, pembelajaran busana pria, prestasi belajar

 Abstract views: 88 ,  downloads: 69
  • Agus Ridwan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengakaji apakah prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan Metode Quantum Learning (QL) lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan Metode Konvensional pada pembelajaran busana pria, untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa SMKN 3 Kediri dalam pembelajaran busana pria yang belajar menggunakan metode Quantum Learning dan Konvensional antara yang diberi pre-test dan tanpa pre-test, dan untuk membuktikan apakah ada interaksi antara pemberian metode Quantum Learning dan Konvensional dengan pemberian  pre-test  dan tanpa pre-test pada pembelajaran busana pria terhadap pretasi belajar siswa SMKN 3 Kediri.

Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 Program Studi Tata Busana SMK Negeri 3 Kediri dengan 104 siswa. Sampel sejumlah 32 siswa dari kelas 2 Busana2 sebagai kelas Konvensional dan 30 siswa dari kelas 2 Busana3 sebagai kelas QL ditentukan secara acak. Sampel pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dipilih secara random sehingga diperoleh 4 kelompok penelitian, dengan menggunakan Solomon-for group design. Data dikumpulkan menggunakan tes dan dianalisis statistik dengan diskriptif disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Pembuktian/ pengujian  dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalur.   

Hasil perhitungan dengan ANAVA dua jalur menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar siswa  yang belajar dengan metode QL  lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang belajar dengan menggunakan Metode Konvensional secara signifikan, dengan nilai (Fh 51,89 dan Ï=0,00,  Ï= 95%.); (2) prestasi belajar siswa yang diberi pretest dan siswa yang tanpa  pretest tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan (Fh 0,00 dan Ï=0,95); (3) tidak ada interaksi metode mengajar dan pemberian pretest terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 3 Kediri (Fh 0,04 dan Ï=0,85).  

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-01-10
How to Cite
Ridwan, A. (2018). PENERAPAN QUANTUM LEARNING PADA PEMBELAJARAN BUSANA PRIA DI SMKN 3 KEDIRI: Quantum Learning, pembelajaran busana pria, prestasi belajar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(13). https://doi.org/10.36456/bp.vol7.no13.a1207