PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN OUTBOND UNTUK PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS IV SDN 01 TAWANGREJO

  • ARNI GEMILANG HARSANTI Universitas PGRI Madiun

Abstract

Outbond salah satu kegiatan dalam pembelajaran yang diharapkan mampu menimbulkan suasana yang menyenangkan dari pada pembelajaran di kelas. Penuh kegembiraan karena dilakukan dengan permainan. Siswa diajak untuk membebaskan diri dari paradigma lama , lepas dari batasan ruang dan formalitas yang sering menghambat keberanian, kreataifitas, dan menutup jalan untuk membuka diri seluas-luasnya bagi suatu perubahan positif. Kegiatan outdoor  mampu memberikan suasana yang berbeda bagi anak dan lebih mendekatkan anak pada alam sekitar, yang menekankan pada pengamatan alam sebagai sumber utama pengetahuan. Oleh karena itu kegiatan belajar dilakukan melalui pengamatan di luar ruangan agar anak memperoleh berbagai macam pengetahuan salah satunya pengetahuan yang dapat berkembang adalah potensi kreatif yang terdapat dalam setiap individu anak melalui kegiatan bermain karena dunia  bermain adalah dunia anak dan umumnya terjadi secara alamiah. Melalui kegiatan bermain anak mampu mengembangkan potensi tersembunyi dalam diri secara  aman, nyaman, dan menyenangkan. Kegiatan bermain tersebut akan lebih bermakna dan menyenangkan bagi anak bila dilakukan di luar ruangan (outdoor) karena pengetahuan anak lebih luas dan berkembang karena mereka dapat menemukan sesuatu yang tidak ada saat sedang bermain di dalam ruangan. Untuk itu diperlukan berbagai macam kegiatan bermain yang dapat menstimulasianak untuk beraktifitas dan memiliki kegiatannya sendiri  sehingga mampu menemukan hal baru dan dapat berpikir kreatif untuk memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh anak.

Published
2018-03-07