PEMAHAMAN MAHASISWA PPKN ANGKATAN 2010 DALAM PERKULIAHAN ANTHROPOLOGI BUDAYA MENURUT ANALISA TAKSONOMI BLOOM SEBAGAI UPAYA PERBAIKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BAGI MAHASISWA DAN DOSEN

  • BERNADETTA BUDI LESTARI Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Pemahaman mahasiswa dalam belajar perlu ditingkatkan sedini mungkin agar mahasiswa tidak terlena dengan budaya santai. Mahasiswa PPKN angkatan 2010, yang sekarang ada pada posisi semester 3 perlu disemangati di dalam sistem pembelajarannya supaya mendapatkan prestasi tinggi, agar tidak kecewa di kemudian hari. Taksonomi Bloom merupakan salah satu analisa paling tepat di dalam mengamati hasil belajar siswa, untuk bisa mencapai nilai maksimal. Agar mendapatkan kepuasan hati dalam mencapai hasil belajar. Untuk bisa mencapai nilai yang baik maka proses PBM harus dijalankan secara kooperatif, agar pembelajaran di kelas menjadi hidup dan semarak. Untuk itu perlu perbaikan cara mengajar dosen dan perbaikan dalam belajar siswa. Apabila siswa aktif maka akan tercapai seluruh tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk perbaikan pengajaran dosen dan belajarnya mahasiswa, karena pengajaran dosen bagus kalau cara belajar siswa jelek, maka PBM dinyatakan tidak berhasil, tetapi pengajaran yang kurang bagus, apabila mahasiswa memiliki cara belajar yang baik bisa jadi hasilnya baik. Tetapi alangkah baiknya jika pengajarannya bagus, kemudian cara belajar mahasiswa bagus maka tentu akan didapat nilai yang bagus.

Published
2018-03-07