PENGENALAN LAMBANG DAN RUMUSAN PANCASILA MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN MENYANYIKAN LAGU GARUDA PANCASILA PADA ANAK TAMAN KANAK KANAK KELOMPOK A

 Abstract views: 310 ,  downloads: 1145
  • Achmadi Achmadi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Kegiatan pembiasaan merupakan salah satu program yang dikembangkan di Pendidikan Anak Usia Dini. Program pembiasaan yang dilakukan di PG-PAUD diarahkan untuk mengembangkan kecakapan hidup, salah satunya mencintai persatuan dan kesatuan bangsa dan negara, (Depdiknas (2007:4) Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak Kanak). Menanamkan nilai-nilai untuk mencintai persatuan dan kesatuan bangsa masih jarang atau kurang dilakukan oleh guru-guru PAUD. Pada umumnya guru PAUD dalam mengenalkan sesuatu melalui nyanyian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis true-eksperimental, tentang Peningkatan karakter berbangsa dan bernegara bagi anak usia dini. Adapun karakter berbangsa untuk anak usia dini indikatornya adalah anak dapat menyanyikan Lagu Garuda Pancasila , dan bisa menyebut serta menunjukkan rumusan lambang dalam Pancasila. Rancangan penelitiannya dengan pola: post test only control design (Sugiyono. 2017:112). Sedangkan metode pengumpul datanya penulis menggunakan Observasi dan Tes unjuk kerja. Untuk menganalisa data penulis menggunakan analisa statistika dengan rumus t-tes. Hasil penelitiannya ada pengaruh yang signifikan yakni anak-anak dapat menyanyikan dan menunjukkan lambang serta menyebut rumusan sila-sila dalam gambar Burung Garuda Pancasila, sebagai penanaman nilai-nilai terhadap persatuan dan kesatuan bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Achmadi Achmadi, Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Dosen

References

Depdiknas (2007), Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak Kanak) Jakarta, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Taman Kanak-Kanak dan SD.

George S. Morrison, (2012). Dasar - Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Jakarta, PT. Indeks.

Hasan, Maimunah. (2013). PendidikanAnak Usia Dini. Jogjakarta: DIVA Press (Anggota IKAPI).

Masitoh, dkk. (2009). Strategi Pembelajaran TK., Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.

Otib Satibi Hidayat. (2006). Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama, Jakarta, Penerbit Universitas Terbuka.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D, Bandung, Penerbit Alfabeta.

Sujiono.(2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta Barat : PT Indeks.

Published
2018-10-26
How to Cite
Achmadi, A. (2018). PENGENALAN LAMBANG DAN RUMUSAN PANCASILA MELALUI PROGRAM PEMBIASAAN MENYANYIKAN LAGU GARUDA PANCASILA PADA ANAK TAMAN KANAK KANAK KELOMPOK A. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 14(26), 120 - 126. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1676