NEUROLINGUISTIK PROGRAMING DALAM BIDANG PENDIDIKAN

 Abstract views: 253 ,  downloads: 671
  • Devita Cahyani Nugraheny STKIP Kusuma Negara Jakarta
  • Arie Purwa Kusuma STKIP Kusuma Negara Jakarta

Abstract

Melalui pendidikan, peserta didik memperoleh informasi dan pengetahuan yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan diri sesuai dengan kemampuan dan kesempatan yang ada. Pendidikan mempersiapkan peserta didiknya untuk siap menjadi anggota masyarakat yang memiliki keterampilan hidup dan menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun dalam proses pelaksanaan pendidikan, tidak terlepas dari permasalahan yang kompleks seperti kejenuhan dalam belajar, kurangnya percaya diri dalam berinteraksi antar peseserta didik baik individu maupun kelompok, kecemasan menghadapi ujian sekolah, rendahnya motivasi belajar peserta didik, penundaan tugas belajar, dan masih banyak lagi permasalahan lainnya. Berbagai masalah tersebut dapat diatasi dengan menggunakan teknik Neuro-Linguistic Programming (NLP). NLP merupakan sebuah pendekatan yang memungkinkan mengatasi masalah-masalah yang dilakukan dengan cepat dan bersahabat. Aplikasi NLP dengan menggunakan pendekatan khas bawah sadarsehingga berlangsung cepat. Teknik NLP ini juga bersahabat, karena anak sering kali tidak merasa sedang diajari atau diberitahu.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Devita Cahyani Nugraheny, STKIP Kusuma Negara Jakarta

Dosen

References

Abdivarmazan, M. & Sylabkhori, Z. 2016. Effectiveness of training ofNeuro-linguistic programming (NLP) strategies on reducing social anxiety. World Scientific News (Online) 60, 2016, 67-77

Albalawi, K.S. 2014. Effectiveness of Neuro-Linguistic Programming on Enhancing Univerity Student’ Quality of Life. International Journal of Arts & Sciences (Online) 7(6), 2014, 431- 442 (http://www.proquest.com, 10 Februari 2017)

Kusuma, A. P. 2017. Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division dan Team Assisted Individualization ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Al-Jabar. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 2, 2017, Hal 135 –143.

Knight, S. 2002. NLP AT WORK Neuro Linguistic Programming The Difference that Makes a Difference in Business (2nd ed). London: Nicholas Brealey Publishing.

Lashkarian, A., & Sayadian, S. 2015. The Effect of Neuro Linguistic Programming (NLP) techniques on young Iranian EFL learners’ motivation, learning improvement, and on teacher’s. Procedia-Social and Behavioral Sciences (Online) 199, 2015, 510-516

Rahmawati,N.K. 2014. Eksperimentasi Model Pembelajaran TTW dan NHT pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari KemampuanKomunikasi Matematis Siswa. Tesis. Surakarta: UNS

Palmer, S. (Ed). 2000. Introduction to Counselling and Psychotherapy The Essential Guide. London: SAGE

Publications.

O’Connor, J. (2001). NLP WORKBOOK: A Practical Guide of Achieving the Results You Want. London: Thorsons.

O’Connor, J. & Seymour, J. 1990. Introducing NLP: Neuro-Linguistic Programming (Rev. ed.). California: The Aquarian Press.

Pintos, I. & López. 2010. CHOICES AND RESPONSIBILITY IN COUNSELING: Looking into NeuroLinguistic Programming (NLP) and Reality Therapy (RT) for a Common Thread. International Journal of Choice Theory and Reality Therapy (Online) Vol. XXX, No. 2, 2010, 23- 35

Ready, R. & Burton, K. 2010. NeuroLinguitic Programming for Dummies (2nd ed). England: John Wiley & Sons,

Ltd. Sutton, J. & Stewart, W. (2002). Learning to Counsel Develop the Skills You Need to Counsel Others (2nd ed). UK: How To Books Ltd.

Syamsul Hidayat. 2016. Peranan Media Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Terhadap Peningkatan Pelaksanaan Konseling AUD. Prosiding Seminar Nasional Revitalisasi Nasionalisme Melalui Konseling Berbasis Kearifan Lokal Sejak Usia Dini, IKIP PGRI, Jember, 24- 26 Maret 2016.

Biswal dan Prusty. 2011. Trends in neurolinguistic programming (NLP): A critical review. Social science international, Vol. 27; No.1. 41-58.

Davies, Roderique-Gareth. 2009. Neurolinguistic programming : cargo cult psychology?. Journal of applied research in higher education. Vol 1. 57-63.

Huehls, Frances. 2010. Literature review. International of journal of educational advancement. Vol 10. 48-55.

Seyhener, Lidy. 2011. Time line therapy. An advanced technique from the science of neurolingistic programming. Australian journal of clinical hypnotherapy and hypnosis. 31. 1

Stipanic, M. 2010. Effect of neurolinguistic psychotherapy on psychological difficulties and perceived quality of life. Counselling and psychotherapy research. 10 (1).

Tosey, P. 2005. Mapping transformative learning the potential of neurolinguistic programming. Journal of transformatic education. 3 (2) 140-167

Published
2018-10-26
How to Cite
Nugraheny, D. C., & Kusuma, A. P. (2018). NEUROLINGUISTIK PROGRAMING DALAM BIDANG PENDIDIKAN. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 14(26), 167 - 174. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a1682