IDENTIFIKASI KESIAPAN GURU KELAS DALAM MELAKSANAKAN LAYANAN BK DI SD

  • Ayong Lianawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Layanan BK di SD dibutuhkan sebagai upaya untuk mengembangkan sikap dan kebiasaan belajar yang baik agar siswa dapat menjadi individu yang mandiri. Berbagai kebijakan dikeluarkan untuk menegaskan kewajiban guru kelas melaksanakan layanan BK di SD, namun tidak diketahui secara faktual kesiapan guru kelas dalam menjalankan peran dan fungsi tersebut. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi kesiapan guru kelas melalui pemahaman terhadap aktivitas yang telah dilakukan dan termasuk pada tugas dan fungsi sebagai pembiming. Penelitian dilakukan di SD Pandan Krajan II, dengan mengggunakan metode deskriptif kualitatif.  Data diperoleh dengan mengggunakan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kesiapan guru kelas dalam melaksanakan layanan dirasa kurang dalam perencanaan program yang didasari asesmen, dan kompetensi dalam strategi konseling. Namun dalam melakukan layanan tidak langsung (melalui media) guru kelas diprediksi akan lebih optimal menggunakan kegiatan literasi.  Penelitian merekomendasikan guru kelas harus mendapatkan pelatihan khusus dalam asesmen, art & expressive therapy sebagai strategi konseling, dan keterampilan komunikasi empatik agar memudahkan siswa untuk terbuka.

Author Biography

Ayong Lianawati, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Dosen

References

Farozin, M., Suherman, U., Triyono, Purwoko, B., Hafina, A., Yustiana, Y. R., & Sukmaja. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Henderson , Donald A,. (2011). Counseling Children 8 Edition. USA : Brooks/ Cole
Mulyadi. (2015). Pola Umum Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar (SD) dan atau Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 4(2), 408–417.
Setianingsih, E. S. (2016). Peranan Bimbingan Dan Konseling Dalam Memberikan Layanan Bimbingan Belajar Di SD. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1).
Silitonga, A. S., Sarjono, Y., & Anif, S. (2014). Pengelolaan Kegiatan Bimbingan dan Konseling untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar.
Sink, C. A. (2008). Elementary School Counselors and Teachers: Collaborators for Higher Student Vol. 108, No. 5. The Elementary School Journal, 445 - 458.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Published
2020-01-20