EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPESONAL MAHASISWA

 Abstract views: 171 ,  downloads: 140
  • Ayong Lianawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Komunikasi yang baik dapat meminmalisir kesalah pahaman, dan  maksud serta harapan yang ingin dicapai bisa terwujud.Ketidak tepatan dalam berkomunikasi seperti penggunaan bahasa yang sarkas merupakan faktor utama yang menyebabkan maraknya bullying dan kekerasan verbal seperti saat ini.Role playing  dapat melatih mahasiswauntuk berkomunikasi secara intepersonal dengan tepat. Penelitian bertujuan untuk menguji efektivitasrole playingdalam meningkatkan komunikasi interpersonal. Penelitianinimenggunakan metode quasi eksperiment one group pretes postes, yang dilakukan dalam seting bimbingan kelompok terhadap 7 orang sampel yang dipilih secara puposif. Hasil penelitian dan analisis data menggunakan uji t menunjukkan hasil yang siginifikan, thitung3.969 >lebih besar dari ttabel 2.364, sehingga disimpulkan bahwa roleplaying efektif untuk meningkatkan komunikasi interpersonal mahasiswa.

Kata Kunci : Efektivitas, Roleplaying, Komunikasi Interpesonal

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ayong Lianawati, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Dosen

References

DeVito, J.A. 2009. The interpersonal communication book. 12th edition. Hunter College of The City.

Dharmayanti, P. A. (2013). Teknik role playing dalam meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(3)

Gini, G., Albiero, P., Bonelli, B., & Altoe, G. (2006). Does empathy predictadolescents’ bullying and defending behavior ?. This is Preprint of an Article Accepted For Publication in Aggressive Behavior

Jackson, V.A. 2011. Teaching Communi-cation Skill Using Role-Play: An Experience-Based Guide For Educators. Journal of PalliativeMedicine. 14 (6): 775-780.

Ruhani, A. W. (2012). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bersikap Toleransi Melalui Metode Bermain Peran Di Kelompok B Tk Batik Magersari Mojo Tahun Ajaran 2012/2013 (Ptk Kelompok B Tk Batik Magersari) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Usman, I. (2013). Kepribadian, komunikasi, kelompok teman sebaya, iklim sekolah dan perilaku bullying. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 49-60.

Wicaksono, G. (2013). Penerapan teknik bermain peran dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X multimedia SMK IKIP Surabaya. Jurnal BK UNESA, 1(1).

Published
2020-01-27
How to Cite
Lianawati, A. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPESONAL MAHASISWA. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 14(26), 188-193. https://doi.org/10.36456/bp.vol14.no26.a2187