Implementasi Pembelajaran Di Luar Kelas Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas V Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 SDN Ketabang Surabaya

 Abstract views: 169 ,  downloads: 105 downloads: 2
  • Sabrina Zamzamiatul Sofa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Triman Juniarso Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Pana Pramulia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Metode pembelajaran, Luar kelas, Kemampuan berpikir kritis, Tematik

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Untuk memperoleh data dalam pembelajaran keterampilan berpikir kritis di SDN Ketabang Surabaya, peneliti menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Penelitian ini menekankan pada berpikir kritis siswa kelas V melalui penerapan metode pembelajaran di luar kelas. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran di luar kelas, 2) Mengetahui dampak penerapan metode pembelajaran di luar kelas terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN Ketabang Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran di luar kelas dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. 2) Dampak penerapan metode pembelajaran di luar kelas terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran di luar kelas dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dengan materi yang sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Pana Pramulia, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Dosen

References

Abdurrahman. 1995. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Erni Ratna. 2018. “Metode Pembelajaran Modern dan Konvensional pada Sekolah Menengah Atas”. Dalam Jurnal Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, Vol. 2(1): 44-52

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran Cetakan Kedua. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Eggen, Paul dan Kauchak, Don. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks

Hanik, Nur Rokhimah dkk. 2018. “Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning dengan Metode Observasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Matakuliah Ekologi Dasar.” Dalam Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Vol. 9(2): 127-138.

Harsanto, Radno. 2005. Melatih Anak Berpikir Analitis Kritis dan Kreatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Hassoubah, Zaleha Izhab. 2004. Cara Berpikir Kreatif dan Kritis. Bandung: Nuansa

Husamah. 2013. Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Learning). Jakarta: Prestasi Pustaka Raya Publisher

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Moeslichatoen, R. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Musfiqon, HM. 2012. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Rachmadtullah, Reza, Via Yustitia, Bramianto Setiawan, Arif Mahya Fanny, Pana Pramulia, Wahyu Susiloningsih, Cholifah Tur Rosidah, Danang Prastyo, and Trio Ardhian. 2020. “The Challenge Of Elementary School Teachers To Encounter Superior Generation In The 4.0 Industrial Revolution: Study Literature.” International Journal of Scientific & Technology Research 9(4):1879–82.

Rosyid, Mohammad Zaiful dkk. 2019. Outdoor Learning Belajar di Luar Kelas. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suryosubroto, B. 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Setiawan, Bramianto, and Vina Iasha. 2020. “COVID-19 PANDEMIC: THE INFLUENCE OF FULL-ONLINE LEARNING FOR ELEMENTARY SCHOOL IN RURAL AREAS.” JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 6(2):114–23.

Published
2020-11-09
How to Cite
Sofa, S. Z., Juniarso, T., & Pramulia, P. (2020). Implementasi Pembelajaran Di Luar Kelas Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas V Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 4 SDN Ketabang Surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 13-26. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2752