Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Belahantengah Mojosari

 Abstract views: 76 ,  downloads: 66 downloads: 2
  • Aulya Adharica Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Achmad Fanani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Danang Prastyo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Model Inquiry Learning, Tipe Pictorial Riddle, Capaian pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran ikuiri terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Belahantengah Mojosari. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Sampel yang diteliti adalah kelas V dengan 12 siswa sebagai kelas eksperimen dan 10 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan posttest, data observasi dianalisis menggunakan skor dan data posttest dianalisis menggunakan uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri teka-teki bergambar menunjukkan skor 3,4 dalam kategori baik. Hasil analisis menggunakan uji homogenitas menunjukkan sig. 0,001 dan distribusi datanya tidak homogen. Uji normalitas menunjukkan nilai 0,017 dan data berdistribusi abnormal. Sehingga penghitungan dilanjutkan dengan uji hipotesis non parametrik yang memiliki nilai sig. 0,000 kemudian H0 yang artinya ada pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri teka-teki bergambar terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Belahantengah Mojosari.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aulya Adharica, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Dosen

References

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif; Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mudlofir, Ali & Evi Fatimatur Rusydiyah. 2016. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Nurhadi. 2010. Menciptakan Pembelajaran IPS Efektif & Menyenangka. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Fajar Interpertama Mandiri.

Tirtarahardja, Umar & La Sulo. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Lalu, Marlin E. W. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Dalam jurnal JPGSD, Vol 03 (02): 336 – 356.

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/15438, diunduh 12 Oktober 2019 pukul 09.55

Sulistiyani, Ratih. 2015. Keefektifan Model Pictorial Riddle Dalam Pembelajaran IPS Kelas III SDN 1 Karangmanyar Kabupaten Purbalingga. Skripsi Universitas Negeri Semarang

https://www.google.co.id/url?q=http://lib.unnes.ac.id/20344/1/1401411330s.pdf&sa=U&ved=2ahUKEwjrsrGfgqTnAhVVfSsKHeEgCMwQFjABegQIBxAB&usg=AOvVaw3PbthUnFQ2I9W1SVNlECHz, diunduh 04 Oktober 2019 pukul 20.06

https://www.academia.edu/10454383/MODEL_PEMBELAJARAN_INQUIRY_BERBASIS_PICTORIAL_RIDDLE, diunduh 30 Desember 2019 pukul 09.58

http://m4y-a5a.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran-pictorial-riddle.html?m=1, diunduh 1 Januari 2020 pukul 00.16

Samsudin, Ahmad. 2018. Slide Presentasi Jurusan Fisika FPMIPA UPI Belajar dan Pembelajaran Fisika.

https://docplayer.info/50257424-Achmad-samsudin-m-pd-jurusanpendidikanfisikafpmipa-universitas-pendidikan-indonesia.html, diunduh 25 Desember pukul 10.36

Setiawan, B., & Iasha, V. (2020). COVID-19 PANDEMIC: THE INFLUENCE OF FULL-ONLINE LEARNING FOR ELEMENTARY SCHOOL IN RURAL AREAS. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 6(2), 114–123.

Published
2020-11-09
How to Cite
Adharica, A., Fanani, A., & Prastyo, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Belahantengah Mojosari. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 33-40. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2754