Kreatifitas Guru Dalam Menyongsong Pembelajaran Masa Pandemi Covid- 19

 Abstract views: 651 ,  downloads: 1506 downloads: 10
  • Sri Kis Untari SDN Margorejo I/403 Surabaya
Keywords: kreatifitas, pandemi, covid-19, Sekolah Dasar

Abstract

Pandemi Covid-19 yang saat ini melanda dunia telah memaksa masyarakat untuk tinggal di rumah sehingga tidak dapat lagi melakukan aktivitas seperti biasa, termasuk bersekolah untuk para pelajar. Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa harus dilakukan dengan cara yang inovatif, salah satunya dengan melakukan proses belajar mengajar secara online. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kreativitas belajar guru di SDN Margorejo 1 Kota Surabaya saat terjadi pandemi Covid-19. Sampel yang diteliti sebanyak 10 pendidik dari kelas I, II, III dan ditambah guru agama Islam. Teknik Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dan wawancara. Kuesioner yang disebarkan dalam bentuk pertanyaan adalah kuesioner semi tertutup. Diperoleh data dari keempat indikator yang penulis rumuskan yang memberikan penilaian kurang dari kelas 1,2 dan 3 yang penulis analisisnya 55%, penilaian cukup 37%, penilaian baik 8% dan sangat baik. 0%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sri Kis Untari, SDN Margorejo I/403 Surabaya

Dosen

References

Binti Maunah. (2009). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras

Conny Semiawan, dkk. (1987). Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta: Gramedia

Haris Mudjiman,(2007). Belajar Mandiri,Surakarta,LPP dan UNS Press.

Hasbullah. (2006). Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo

Munandar, S.c. Utami, (1999), Kreativitas dan Keterbakatan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Slameto.(2010),Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Published
2020-11-09
How to Cite
Untari, S. K. (2020). Kreatifitas Guru Dalam Menyongsong Pembelajaran Masa Pandemi Covid- 19. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 49-53. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2757