Discovery Learning Berbantuan Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kreativitas: Action Research Di Sekolah Dasar

 Abstract views: 127 ,  downloads: 155 downloads: 2
  • Liling Arlindawati SDN Ledokwetan I Bojonegoro
Keywords: Demonstrasi, discovery learning, kreativitas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan discovery learning berbantuan demonstrasi untuk meningkatkan kreativitas. Penelitian ini merupakan action research di SDN Ledokwetan I Bojonegoro. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Ledokwetan I Kec.Bojonegoro Kab. Bojonegoro. Penelitian ini memerlukan 2 Siklus dengan siswa sebanyak 18 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan dua kali siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan dengan melakukan tes dan observasi. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa discovery learning berbantuan demonstrasi dapat meningkatkan kreativitas siswa sekolah dasar dalam menghasilkan energi alternatif listrik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., Danuwijaya, A. A., Abdullah, A. G., Yuliani, G., & Munawaroh, H. S. H. (2017). Ideas for 21st Century Education: Proceedings of the Asian Education Symposium (AES 2016), November 22-23, 2016, Bandung, Indonesia. I. Hamidah (Ed.). Routledge.

Cox, B. D. (2018). The Place for Dewey’s Constructivism of Intelligent Action in the American Meritocracy of Thorndike. In Constructivist Education in an Age of Accountability (pp. 21-55). Palgrave Macmillan, Cham.

Fanny, A. M. (2019, March). Analysis Of Pedagogical Skills And Readiness Of Elementary School Teachers In Support Of The Implementation Of The 2013 Curriculum. In International Conference on Bussiness Law and Pedagogy (Vol. 1, No. 1, pp. 59-63).

Istiqomah, N. (2019). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kreativitas Berfikir Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Kelas X Di SMAN 1 Tinombo Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Tadulako).

Juniarso, T. (2020). Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 36-43.

Kirom, A. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Keterampilan Siswa Bermain Bolavoli Pada Mata Pelajaran PJOK Di SMA Negeri Blega Bangkalan. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 13(24), 99-108.

Marliyah, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Inquiry Learning Dan Discovery Learning Terhadap Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas VI SD Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Education And Development, 7(2), 169-169.

Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Discovery Learning Di Kelas Iv Sd. Jurnal Basicedu, 3(1), 174-179.

Rahman, M. H. (2017). Using discovery learning to encourage creative thinking. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(2), 98.

Rusdi, R. (2018). Implementasi Teori Kreativitas Graham Wallas Dalam Sekolah Kepenulisan di Pesantren Mahasiswa Hasyim Asy’ari Cabeyan Yogyakarta. Muslim Heritage, 2(2), 259-274.

Siswono, T. Y. E. (2019, October). Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika II (SNPMAT II): Pembelajaran Matematika dalam Era Revolusi Industri 4.0 (p. 1). Universitas Halu Oleo Press.

Sulfemi, W. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1).

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210-215.

Suwandari, S., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2019). Application of Discovery Learning to Train the Creative Thinking Skills of Elementary School Student. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(12), 410-417.

Trung, T. (2014). Discovery learning with the help of the geogebra dynamic geometry software. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 7(1).
Published
2020-11-15
How to Cite
Arlindawati, L. (2020). Discovery Learning Berbantuan Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kreativitas: Action Research Di Sekolah Dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 53-62. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2837