Pengembangan Video Program Stimulus Visual Auditori Pada Anak Dislexia Bagi Guru

 Abstract views: 139 ,  downloads: 99 downloads: 3
  • Angga Eryana Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Visual, Auditori, Membaca, Disleksia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca yang khusus diterapkan pada siswa dengan kesulitan belajar. Penelitian ini untuk menguji kelayakan validitas Program Video Auditory Visual Stimulus pada Anak Disleksia Bagi Guru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Reseach and Development (R & D) dengan pengembangan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap pengembangan yaitu define, design dan devlop. Hasil yang diperoleh nilai validasi antara lain: (1). Nilai keseluruhan indikator validasi ahli media adalah 89,5% dengan sangat layak, (2) Nilai keseluruhan indikator validasi ahli materi adalah 81,1% dengan sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil Program Video Auditory Visual Stimulus untuk Anak Disleksia Guru layak dan efektif untuk guru dalam mengajarkan membaca kepada anak disleksia.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Angga Eryana, Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa

References

Ali, M., 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik 5, 8.

Anwar, A.R.K., 2014. Efektifitas Metode Gillingham Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kesulitan Belajar Kelas Iii Sd N 01 Limau Manis Padang 3, 12.

Dwiastuti, I., 2018. Metode Jolly Phonics Sebagai Alternatif Stimulasi Kesiapan Membaca Anak Usia Dini. J. Sains Psikol. 3.

Faturahman, H., 2015. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dengan Penerapan Pendekatan Visual – Auditori – Kinestetik (Vak). Fibonacci J. Pendidik. Mat. Dan Mat. 1, 57–63. Https://Doi.Org/10.24853/Fbc.1.1.57-63

Gesti, E.K., Ardoni, A., 2018. Pembuatan Video Panduan Layanan Perpustakaan Di Perpustakaan Universitas Andalas. Ilmu Inf. Perpust. Dan Kearsipan 7, 40-46–46. Https://Doi.Org/10.24036/100915-0934

Ghofur, M.A., 2016. Pelaksanaan Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Pedagog. J. Pendidik. 5, 255-266–266. Https://Doi.Org/10.21070/Pedagogia.V5i2.258

Hadi, S., 2017. Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar. Semin. Nas. Teknol. Pembelajaran Dan Pendidik. Dasar 2017 0, 96–102.

Herlinda, F., 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Audio Visual Bagi Anak Slow Learner. J. Penelit. Pendidik. Khusus 3. Https://Doi.Org/10.24036/Jupe35000.64

Idzhar, A., 2016. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. J. Off. 2, 221–228. Https://Doi.Org/10.26858/Jo.V2i2.2956

Indriati, E., 2015. Kesulitan Bicara Dan Berbahasa Pada Anak. Prenada Media.

Irdamurni, I., Kasiyati, K., Zulmiyetri, Z., Taufan, J., 2018. Meningkatkan Kemampuan Guru Pada Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. J. Pendidik. Kebutuhan Khusus 2, 29–32.

Jauhari, M. N. (2016). Identifikasi Perkembangan Komunikasi Anak Pervasive Developmental Disorder. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 32(2).

Kawuryan, F., Raharjo, T., 2012. Pengaruh Stimulasi Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Disleksia. J. Psikol. Pitutur 1, 9–18.

Knoop-Van Campen, C.A.N., Segers, E., Verhoeven, L., 2020. Effects Of Audio Support On Multimedia Learning Processes And Outcomes In Students With Dyslexia. Comput. Educ. 150, 103858. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2020.103858

Lestari, W., Zulmiyetri, Z., 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Video Pembelajaran Bagi Anak Tunarungu. J. Penelit. Pendidik. Khusus 7, 71-76–76.

Lutfi, M., Sudirman, Pramitha, R., 2013. Sisi-Sisi Lain Kebijakan Profesionalisme Guru: Optik Hukum, Implementasi, Dan Rekonsepsi. Universitas Brawijaya Press.

Meyer, O.A., Omdahl, M.K., Makransky, G., 2019. Investigating The Effect Of Pre-Training When Learning Through Immersive Virtual Reality And Video: A Media And Methods Experiment. Comput. Educ. 140, 103603. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2019.103603

Mulyani, D., 2019. Peningkatan Kemampuan Pengucapan Konsonan Bilabial [B] Dan [P] Melalui Metode Visual Auditori Kinestetik Dan Taktil Bagi Siswa Tunarungu Kelas Dasar 5a Di Slb B Karnnamanohara. Widia Ortodidaktika 8, 157–166.

Olua, E., 2019. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Huruf Dan Kata Dengan Gaya Belajar Visual, Auditori Dan Kinestetik. J. Inov. Ilmu Pendidik. 1, 1–14.

Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv | Budiarti | Jurnal Prima Edukasia [Www Document], N.D. Url Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jpe/Article/View/6295/Pdf (Accessed 6.19.20).

Purwanti, B., 2015. Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. J. Kebijak. Dan Pengemb. Pendidik. 3. Https://Doi.Org/10.22219/Jkpp.V3i1.2194

Rahman, B., Haryanto, H., 2014. Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. J. Prima Edukasia 2, 127–137. Https://Doi.Org/10.21831/Jpe.V2i2.2650

Riyana, Cepi, 2007. Media Pembelajaran: Hakikat,Pengembangan,Pemanfaatan,Dan Penilaian - Drs.Rudi Susilana, M.Si. & Cepi Riyana, M.Pd. - Google Books [Www Document]. Url Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=En&Lr=&Id=Yqhawaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pr3&Dq=Buku++Media+Pembelajaran+Suatu+Pendekatan+Baru&Ots=Ejwkzulo5&Sig=Gdfbyo3zqnw0dx0diwdxb2j27xo&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q&F=False (Accessed 6.18.20).

Soriano-Ferrer, M., Morte-Soriano, M., 2017. Teacher Perceptions Of Reading Motivation In Children With Developmental Dyslexia And Average Readers. Procedia - Soc. Behav. Sci. 237, 50–56. Https://Doi.Org/10.1016/J.Sbspro.2017.02.012

Supriyono, K., Sugirin, S., 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Bahasa Inggris Smp Berbasis Web. J. Inov. Teknol. Pendidik. 1, 49–64. Https://Doi.Org/10.21831/Tp.V1i1.2459

Video Editing & Video Production Book By Wahana Komputer - Gramedia Digital [Www Document], N.D. Url Https://Ebooks.Gramedia.Com/Books/Video-Editing-Video-Production (Accessed 6.18.20).

Wang, X., Lin, L., Han, M., Spector, J.M., 2020. Impacts Of Cues On Learning: Using Eye-Tracking Technologies To Examine The Functions And Designs Of Added Cues In Short Instructional Videos. Comput. Hum. Behav. 107, 106279. Https://Doi.Org/10.1016/J.Chb.2020.106279

Published
2020-12-15
How to Cite
Eryana, A. (2020). Pengembangan Video Program Stimulus Visual Auditori Pada Anak Dislexia Bagi Guru. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 63-70. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2953