INTERNALISASI NILAI KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH

 Abstract views: 778 ,  downloads: 351
  • DEWI WIDIANA RAHAYU Nahdlatul Ulama University of Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menjelaskan mengenai: (1) wujud budaya sekolah, (2) peran warga sekolah dalam melaksanakan budaya sekolah, (3) kendala dalam pelaksanaan budaya sekolah, (4) solusi mengatasi kendala dalam pelaksanaan budaya sekolah.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis berupa studi kasus. Lokasi penelitian yaitu SD Muhammadiyah 1 Krian. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan karyawan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan cara mereduksi data, paparan data, dan menarik kesimpulan.Temuan penelitian ini menunjukkan hasil bahwa budaya sekolah di Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Krian dibangun melalui keteladana kepala sekolah, keteladanan guru, dan sosialisasi secara berkala mengenai budaya sekolah yang dikembangkan.Peran warga sekolah dalam membangun budaya sekolah adalah sebagai berikut: (1) peran kepala sekolah seperti memberi keteladanan, mengadakan evaluasi, penyelenggaraan kegiatan sekolah, serta komitmen dalam menjalankan tugas sebagai kepala sekolah; (2) peran guru yakni berfungsi sebagai pengajar dan pendidik serta memberi keteladanan bagi siswa. Sehingga semua warga sekolah disarankan untuk aktif dalam mengembangkan budaya sekolah dan memiliki komitmen untuk membangun karakter positif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

DEWI WIDIANA RAHAYU, Nahdlatul Ulama University of Surabaya
Dosen

References

Akbar, Sa’dun. 2010. Model Pembelajaran Nilai dan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kehidupan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 17 (1) 46-54.

Alma, Buchori, dkk. 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Bandung: Alfabeta.

Al-Lamri dan Ichas. 2006. Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Pendidikan Tinggi, Direktorat Ketenagaan.

Arikunto, Suharsimi. 1993. Organisasi dan Administrasi: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Barnawi, M Arifin. 2012. Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiningsih Asri C. 2004. Pembelajaran Moral Berpijak pada Karakteristik Siswa dan Budayanya. Jakarta: Rineka Cipta.

Budyatna, Muhammad & Ganiem Mona Leila. 2011. Teori Komunikasi Antar Pribadi. Jakarta: Kencana.

Busch Steve, Prater Doris L, Mac J Angus. 2009. The Effects of School Culture and Climate on Student Achievement. [versi elektronik]. International Journal of Leadership in Education. Vol. 12, No. 1 73-84.

El Mubarok, Z. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai; Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus, dan Menyatukan yang Tercerai. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Faisal, Sanapiah. 1999. Sosiologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Fitri, Zaenul Agus. 2012. Reinventing Human Character Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fraenkel, Jack R. 1977. How to Teach About Values: An Analytic Approach. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Hurlock, Elizabeth B. 1990. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

Jalaluddin, H Abdullah Idi. 2012. Filsafat Pendidikan:Manusia, Filsafat, dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan.

Koesoma, A Doni. 2011. Pendidikan Karakter SStrategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Lincoln, Yvonna S dan Denzim Norman K. The Sage Handbook of Qualitative Research 1 Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Maslowski, Ralf. 2001. School Culture and School Performance. Netherlands: Twente University Press.

Mustakim, Bagus. 2011. Pendidikan Karakter MembangunDelapan Krakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Yogyakarta: Samudra Biru.

Moleong, Lexy J. 1993. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, 1996. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nuryana, Ina. 2010. Studi Kasus Pendidikan Nilai di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Amanah Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.Tesis. Surabaya: PPS Unesa. Tidak Diterbitkan.

Paranita, Astri. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Tipe Integrated Pada Pembelajaran Seni Budaya di SD. (Versi Elektronik). Diunduh pada tanggal 18 Desember 2012 dari http://repository.upi.edu

Peterson, K.D. (1999a). Time Use Flows from School Culture: River Values and Tradition Can Nurture or Poison Staff Development Hours. [versi elektronik]. Journal of Staff Development. Vol 20, No. 20. Diunduh pada tanggal 5 November 2012.

Peterson, K.D. (2002). Reculturing Schools. [versi elektronik]. Journal of Staff Development. Vol 23, No. 3. Diunduh pada tanggal 5 November 2012.

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Said, Moch. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Surabaya: Jaring Pena.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sedarmayanti. 2010. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemimpinan yang Baik). Bandung: Reflika Aditama.

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Supriadi. 2008. Budaya Sekolah dan Mutu Pendidikan. Tesis. Surabaya Program Pasca Sarjana Unesa. Tidak Diterbitkan.

Sujana, Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Tilaar, H.A.R. 2002. Pendidikan Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Usman, Husaini. 2013. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, Sigit. 2005. Budaya Organisasi Sekolah Efektif, Tesis. Surabaya: PPS Unesa. Tidak Diterbitkan.

Zamroni. 1992. Pengantar Pengembangan Teori Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2017-06-03