TINJAUAN ALTERNATIF KONSEP MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SEKOLAH

 Abstract views: 79 ,  downloads: 223
  • UJANG ROHMAN Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Konsep model pengajaran penddidikan jasmani sebagai alternatif dalam pembelajaran PJOK perlu diperhatikan dan dipertimbangkan untuk dilaksanakan di sekolah-sekolah, mengingat model-model tersebut masing-masing mempunyai keunggulan dan kesesuiaan dengan kondisi sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Mengapa model pengajaran penddidikan jasmani ini perlu diterapkan di antara lain: a) Peserta didik secara fisik dan mental tidak sama dengan orang dewasa, sehingga sangat tidak tepat mengharapkan peserta didik untuk melakukan kegiatan olahraga dengan menggunakan peralatan atau peraturan seperti orang dewasa., b) Kegiatan olahraga yang dilakukan dengan peralatan atau peraturan yang dimodifikasi dalam pengajaran PJOK dapat mengurangi terjadinya cedera olahraga dan memudahkan peserta didik untuk mempelajari keterampilan gerak yang diperlukan untuk melakukan olahraga yang sesungguhnya., c) Model pengajaran PJOK dengan memodifikasi olahraga mendorong anak untuk melakukan tugas gerak dengan tingkat keberhasilan yang lebih baik dan dapat memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi dengan senang bergerak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

UJANG ROHMAN, Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Dosen

References

Abdulkadir, A. 1989. Pengantar Asas-asas dan Landasan PJOKOlahraga dan Rekreasi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan LPTK, Jakarta.

Arifin, I. 2001. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformasi Pendidikan dalam Era Globalisasi, Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, Juli 2001.

Bucher, Charles. A. 2003. Foundation of Physical Education and Sport, Ninth Edition., St. Louis: The CV Mosby Company.

Cholik Muntohir, T. 1992., Peranan PJOKdalam meningkatkan Ketahanan Nasional, Makalah disajikan Pada Konvensi Nasional Pendidikan II di Medan, Pebruari 1992.

Mosston, M. 2006. Teaching Physical Education, Columbus Ohio: Merill Publiser.

Siedentop, Daryl., Herkowitz. J. and Rink., Judith. 2004. Elementary Physical Education Metods, New Jersey; Prentice Hall. Inc, Englewood Cliffs.

Published
2017-06-03