PENGEMBANGAN PERANGKAT PERKULIAHAN PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN IPS SD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF BAGI MAHASISWA S1 PGSD UNIROW TUBAN

 Abstract views: 202 ,  downloads: 209
  • WENDRI WIRATSIWI Program Strudi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan (1) mengembangkan perangkat perkuliahan pada mata kuliah materi dan pembelajaran Matematika SD dengan model pembelajaran kolaboratif; (2) mengetahui keefektifan perangkat perkuliahan pada mata kuliah materi dan pembelajaran Matematika SD dengan model pembelajaran. Penelitian dilakukan di kelas A mahasiswa PGSD semester II angkatan 2014 sebagai kelas eksperimen. Pengembangan dilakukan mengacu pada model R & D oleh Borg and Gall, sedangkan pada tahap uji coba perangkat perkuliahan digunakan One Group Pretest-Postest Design dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengumpulan data menggunakan metode validasi ahli, observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa perangkat perkuliahan yang dikembangkan juga memiliki tingkat kelayakan baik untuk digunakan. Keefektifan perangkat perkuliahan diuji dengan membandingkan nilai hasil belajar ketika pretest dan postest mahasiswa PGSD semester II kelas A sebagai kelompok uji coba lapangan (kelompok eksperimen). Sebelum menggunakan perangkat perkuliahan yang dikembangkan ketika pretest rata-rata skor yang dicapai mahasiswa adalah 62,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 10%. Setelah digunakannya perangkat perkuliahan dengan model pembelajaran kolaboratif selama pembelajaran, rata-rata skor yang dicapai mahasiswa ketika postest adalah 82 dan ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 85%. Dari hasil belajar tersebut terlihat ada peningkatan nilai hasil belajar mahasiswa ketika pretest dan setelah postest. Artinya perangkat perkuliahan yang dikembangkan efektif untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

WENDRI WIRATSIWI, Program Strudi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Dosen

References

Borg and Gall. 2007. Educational Research An Introduction. New York: Longman.

Covey, S.R., 1989.The Seven Habits of Highly Effective People. New York: A Fireside Book.

Gokhale, A A. 1995. Collaborative Learning Enhances Critical Thingking. http://scholar.lib.vt.edu/ejournals/JTE/v7n1/pdf/gokhale.pdf .diakses 2 Januari 2013.

Ibrahim, M. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mustaji. 2009. Desain Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kolaborasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berkolaborasi. Surabaya: Unesa Press.

Published
2017-06-03