PENGARUH PELATIHAN LADDER DRILL HOP SCOTCH PATTERN TERHADAP KELINCAHAN PADA MAHASISWA UKM FUTSAL UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

 Abstract views: 170 ,  downloads: 363
  • RAMADHANY HANANTO PURIANA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

Abstract

Pelatihan adalah suatu proses terencana yang harus dilakukan berdasar pada sebuah teori dan metode yang baik dan tepat dengan proses waktu yang cukup panjang dan terarah dan dilakukan secara bertahap untuk membentuk fisik, teknik, taktik, dan mental untuk mencapai prestasi olahraga. Ladder drilladalah suatu bentuk pelatihan yang sangat baik untuk meningkatkan kelincahan, suatu komponen penting dari sebagian besar prestasi atau kinerja olahraga.Untuk mengembangkan kelincahan maka perlu dilakukan Pelatihan Ladder Drill Hop Scotch Pattern. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis tentang pengaruh pelatihan Ladder Drill Hop Scotch Pattern terhadap kelincahan terhadap kelincahan. Sasaran penelitian ini adalah UKM Futsal Putra Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 30 mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan metode eksperimen semu.Rancangan penelitian ini menggunakan matching only design, dan analisis data menggunakan Anova. Proses pengambilan data dilakukan dengan T-tes pada saat pretest dan posttest. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan bantuan SPSS seri 20.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan program pelatihan Ladder Drill Hop Scotch Patternterhadap peningkatan kelincahan Hasil penelitian metode pelatihan Ladder drill hop scotch pattern kelincahan (sig. 0,000 < α = 0,05). kelompok I dan II memiliki perbedaan yang signifikan (sig. 0,000 < α = 0,05). Rata-rata peningkatan kelincahan untuk kelompok I = 2.17 detik dan kelompok II = 1.05 detik Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kelincahanuntuk masing-masing kelompok setelah diberi pelatihan.Selain itu, terdapat perbedaan pengaruh antara kedua kelompok dilihat dari peningkatan kelincahan melalui hasil uji Anova dimana pelatihan Ladder Drill Hop Scotch Patternmemberikan pengaruh lebih baik dari kelompok kontrol terhadap peningkatan kelincahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

RAMADHANY HANANTO PURIANA, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KEPELATIHAN OLAHRAGA UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA
Dosen

References

Arikunto, S. 2007. ProsedurPenelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Bolton, B. 2006.Ladder and Functional Block Programing. Jurnal of Sports Science and Medicine: Chapter 11

Bompa, and Haff,G, 2009. Theoryand Methodology ofTraining. United States : Human Kinetics.

Ghosh, S.S. and Majumder, S. 2012. A Comparative Study On Agility and Dynamic Blence of Agility Football Volleyball and Hockey Players. Internasional Journal of Health, Physical Education and Computer Sciense in Sport.Vol. 8 No. 1 PP. 48-50.

Jones, R. 2007. Speed, Agility, & Quickness Drill.High Performa Health.www.ronjones.org

Maksum, A. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press

Nala, Ngurah. 1998. Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar: Program Pascasarjana Program studi Fisiologi Olahraga Universitas Udayana.

Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto dan Dangsina Muluk.2011. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: CV. Lubuk Agung.

Sajoto, M. 1995. Peningkatan dan Pembinaan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize.

Talison, Taylore. 2008. The Agility Ladder Drill Bible. http://www.agilityladderdrillbibli.comhtml diunduh tanggal 24 Oktober 2014.

Tsivkin, Troman. 2011. http: //www.sport-fitness-advisor.com. di unduh tanggal 18 oktober 2014.

Talison,Taylore.2008. The Agility Ladder Drill Bible.http://www.agilityladderdrillbibli.comhtml diunduh tanggal 24 Oktober 2014.

Published
2017-02-06