IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DIRECT LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS CERITA GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS II SD N 3 KARANGRAJA

 Abstract views: 115 ,  downloads: 95
  • Ponidi .
  • Marilin Kristina
Keywords: Minat Belajar, Metode Direct Learning, Menulis erita , Bahasa Indonesia

Abstract

Rendahnya minat siswa terhadap pelajaran Bahasa Indonesia menyebabkan sebagian besar siswa kurang antusias mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru, sehingga hasil belajar siswa rendah. Dengan kondisi tersebut guru berusaha memperbaiki pembelajaran dengan melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, materi pokok menulis cerita melalui pembelajaran Direct Learning di kelas II SDN 3 Karangraja. Subjek penelitian ini adalah  siswa kelas II SDN 3 Karangraja, yang berjumlah  25 siswa. Metode yang digunakan dalam perbaikan pembelajaran ini adalah metode Direct Learning. Data yang diperoleh melalui hasil evaluasi siswa dan pengamatan oleh observer. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siklus ada kemajuan terbukti pada siklus pertama minat peserta didik mencapai 13 siswa (52,00%) dalam pembelajaran dan peserta didik yang tuntas belajar pada perbaikan siklus I baru  13 siswa (52,0%). Pada perbaikan siklus II terjadi peningkatan minat yaitu sebanyak 23 peserta didik (92,00%)). sedangkan hasil belajar peserta didik semakin meningkat dengan ketuntasan belajar mencapai 23 siswa (92,0%). Hal ini membuktikan bahwa melalui metode Direct Learning siswa dapat memecahkan permasalahan sendiri dalam pelajaran Bahasa Indonesia, materi pokok menulis cerita, sehingga hasil belajar siswa meningkat. Kesimpulan melalui hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Direct Learning dapat meningkatkan minta dan hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-06