PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN AUTENTIK PADA TEMA MAKANAN SEHAT DAN BERGIZI KELAS IV SEKOLAH DASAR

 Abstract views: 132 ,  downloads: 141
  • Vicky Dwi Wicaksono
Keywords: Asesmen Autentik, Tema, Makanan Sehat dan Bergizi

Abstract

Kurikulum 2013 ini mewajibkan setiap guru untuk menggunakan tema pada jenjang Sekolah Dasar (SD) atau Madrasah Ibtidaiyah (MI). Siswa dituntut menjadi orang yang aktif untuk memperoleh pengetahuan. Keterampilan proses yang dimiliki siswa selama pembelajaran, menentukan hasil belajar yang diperoleh. Asesmen autentik memberikan kesempatan luas pada siswa untuk menunjukkan apa yang telah mereka pelajari selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini menghasilkan produk perangkat asesmen autentik pada tema Makanan Sehat dan Bergizi subtema Makananku Sehat dan Bergizi siswa kelas IV SD, serta  mengetahui hasil  uji validasi perangkat asesmen autentik pada tema Makanan Sehat dan Bergizi Subtema Makananku dan Bergizi siswa kelas IV MI melalui uji coba ahli, telaah guru, dan tanggapan siswa. Desain penelitian pengembangan yang digunakan ini adalah model pengembangan asesmen autentik O’ Malley & Pierce yakni (1) membangun sebuah tim; (2) menentukan tujuan dari asesmen autentik; (3) analisis konstruk; (4) melakukan pengembangan professional pada asesmen autentik; (5) mengkaji penelitian terdahulu mengenai asesmen autentik; (6) mengadaptasi asesmen yang ada atau mengembangkan yang baru; (7) mencoba asesmen; dan (8) revisi asesmen. Hasil uji coba ahli evaluasi pembelajaran mendapatkan 86,6% dan ahli pembelajaran tematik memperoleh skor 78,85%. Hasil uji lapangan kepada guru dan siswa mengenai keefektifan, keterterapan, dan keterbacaan mendapatkan kategori sesuai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-06