IMPLEMENTASI HOTS PADA KURIKULUM 2013

 Abstract views: 998 ,  downloads: 4133
  • Fuaddilah Ali Sofyan

Abstract

Tujuan penelitian ini merupakan untuk menemukan keterkaitan implementasi    HOTS (Higher Order Kognitif Thingking Skill) pada kurikulum 2013 dalam rangka memajukan mutu pendidikan di Indonesia. Karena seperti yang telah kita ketahui bahwa pada saat ini pendidikan nasional kita masih menghadapi berbagai macam persoalan. Persoalan itu memang tidak akan pernah selesai, karena substansi yang ditransformasikan selama proses pendidikan dan pembelajaran selalu berada di bawah tekanan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kemajuan masyarakat. Semakin maju peradaban suatu bangsa, maka semakin berat pula tantangan yang dihadapinya. Persaingan ilmu pengetahuan semakin gencar dilakukan oleh dunia internasional, sehingga Indonesia juga dituntut untuk dapat bersaing secara global demi mengangkat martabat bangsa. Oleh karena itu, untuk menghadapi tantangan yang akan menimpa dunia pendidikan, kurikulum 2013 dianggap mampu untuk menjawab persoalan tersebut dan implementasi HOTS sangat dibutuhkan untuk membenahi kinerja pendidikan yang jauh tertinggal dengan negara-negara maju di dunia. Usaha tersebut mesti dilakukan demi menciptakan generasi masa depan, bukan hanya berkarakter, produktif, kreatif, dan inovatif namun juga  yang memahami jati diri bangsanya dan menciptakan anak yang unggul dan mampu bersaing di dunia internasional. Seseorang juga dapat dikatakan mampu menyelesaikan suatu masalah apabila mampu menelaah suatu pemasalahan dan mampu menggunakan pengetahuannya ke dalam situasi baru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menggambarkan suatu masalah keterkaitan. Hasil penelitian ini, kurikulum 2013 menganggap bahwa HOTS (Higher Order Kognitif Thingking Skill) adalah suatu strategi yang dapat diterapkan atau digunakan untuk dapat menjawab persoalan-persoalan dari dampak globalisasi dan pendidikan nasional dalam rangka beradaptasi dengan masa depan dan dunia internasional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-21