ANALISIS PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL TERCAPAI SISWA USIA DASAR

 Abstract views: 716 ,  downloads: 5762
  • Eka Tusyana
  • Rayi Trengginas
  • Suyadi .

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perkembangan sosial-emosional siswa di dalam pembelajaran (2) untuk mengetahui perkembangan sosial-emosional siswa diluar pembelajaran (3) untuk mengetahui upaya guru dalam mengembangkan sosial-emosional siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pengumpulan data digunakan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara kepada guru kelas V. Kesimpulan Analisis data sebagai berikut : pertama, perkembangan sosial-emosional siswa di dalam pembelajaran yang tercapai, yaitu siswa menunjukan sikap Partisipasi, Komunikasi dan Interaksi, Mampu menyesuaikan diri dengan kelompok belajar, Menunjukan rasa percaya diri. Kedua, perkembangan sosial-emosional siswa di luar pembelajaran yang tercapai, yaitu siswa menunjukan sikap membantu teman lain saat membutuhkan pertolongan, tidak memaksakan kehendak sendiri, mampu menyelesaikan masalah saat bermain, dapat mengontrol emosi saat bermain. Ketiga upaya guru dalam mengembangkan sosial-emosional peserta didik yaitu sebagai berikut: menciptakan hubungan perkembangan sosial-emosional yang baik terhadap siswa, bersikap sebagai figur yang harus dicontoh oleh  siswa, memberikan bimbingan, arahan, untuk mendorong tercapainya perkembangan sosial-emosional.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-21