PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM ANALISIS MATERI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILLING YANG BERORIENTASI PADA PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBALAJARAN

 Abstract views: 93 ,  downloads: 98
  • Wahyu Susiloningsih

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan pemahaman mahasiswa dalam analisis materi dengan menggunakan metode drilling yang berorientasi pada pendekatan kontekstual pada mata kuliah perencanaan pembelajaran. Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk  mengimplementasikan  rencana  yang  sudah  disusun  dalam  bentuk  kegiatan  nyata  dan praktis  untuk  mencapai  tujuan  pembelajaran. Metode Drill merupakan suatu cara mengajar dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari mahasiswa sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu.Pemahaman merupakan satu proses yang dapat terlihat dari hasil belajar dimana suatu proses perubahan tingkah laku dalam pengetahuan, sikap, dan ketrampilan yang diperoleh dalam jangka waktu yang lama. Analisis materi, sebelum mentransformasikan materi pembelajaran kepada peserta didik, terlebih dahulu perlu dilakukan analisis materi pembelajaran semata-mata agar pembelajaran lebih bermakna.

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD UNIPA angkatan 2016 kelas C. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi lembar keterlaksanaan RPP dan tes. Data yang terkumpul akan dianalisis secara statistik dan kemudian di deskriptifkan. Hasil analisis di interpretasikan sehingga menghasilkan kesimpulan sesuai dengan permasalahan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian yang diperoleh dari tes hasil perkuliahan mahasiswa sebelum menggunakan metode drilling menunjukkan nilai rata-rata 70 dengan kategori baik. Selanjutnya tes hasil perkuliahan mahasiswa setelah menggunakan metode drilling yang berorientasi pada pendekatan kontesktual menunjukkan nilai rata-rata 90.

Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman mahasiswa yang diukur melalui tes hasil belajar sebelun dan sesudah menggunkan metode drilling yang berorientasi pada pendekatan kontekstual

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-21