Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Energi Siswa Kelas IV SDN Kedung Sugo II Prambon-SidoarjoPengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Te

 Abstract views: 6 ,  downloads: 13
  • Ira Puspita Sari Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan ”untuk mengetahui validitas dan reliabilitas RPP yang digunakan sebagai perencanaan pembelajaran model  pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)” dan “untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa kelas IV SD pada materi energi alternatif dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)”. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kedung Sugo II dengan sampel  32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar validasi dan tes hasil belajar yang berjumlahkan 15 butir soal yang berbentuk 10 pilihan ganda dan 5 uraian pada kegiatan posttest yang dibandingkan dengan nilai KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang ditentukan oleh pihak sekolah yaitu 70 untuk mata pelajaran IPA.

       Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil validitas dari dua validator dengan nilai rata-rata validator pertama 4,27, dan validator kedua 4,14 dikatakan sangat baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi dan untuk penghitungan reliabilitas  RPP dikatakan baik mencapai 98,5%. Rata-rata hasil belajar IPA menggunakan  model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi dibanding dengan nilai KKM, dan diperoleh taraf signifikan uji thitung =6,16 > ttabel =2,042 Maka hipotesis nol ditolak Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar IPA  materi energi siswa kelas IV SDN Kedung Sugo II.  Hal ini dibuktikan hanya 28 siswa dari 32 siswa yang mencapai nilai diatas KKM, dan 4 siswa yang nilainya dibawah KKM.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-24