Korelasi Antara Metoda Ceramah Dengan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa Di SD Negeri Prabugantungan I dan SD Negeri Prabugantungan 3 Cileles Kabupaten Lebak

 Abstract views: 8 ,  downloads: 8
  • Yudawati Yudawati Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Para siswa yang memiliki hasil rendah. menurut pengamatan diperoleh data sementara bahwa mereka cenderung kurang termotivasi sehingga kurang aktif dalam belajar, sehingga kurang mempunyai apresiasi yang baik pada mata pelajaran tersebut.

Penelitian ini ingin membuktikan pengaruh penggunaan metode ceramah sebagai variabel X1 dan minat belajar sebagai variabel X2 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebagai variabel Y.  Ketiga variabel mempunyai ciri dan sifat yang berbeda satu sama lain-lainnya, tetapi semua mempunyai keterkaitan dengan proses pemberian Penelitian ini mempunyai kelompok perlakuan dengan penggunaan metode ceramah sebagai variabel bebas dan minat belajar sebagai variabel moderator.

Ada pengaruh hasil  belajar antara siswa kelas V SD Negeri Prabugantungan 1 yang menggunakan metode ceramah dengan siswa kelas V SD Negeri Prabugantungan 2 yang tidak menggunakan metode ceramah. Ada pengaruh hasil belajar antara siswa kelas V SD Negeri Prabugantungan 1 yang memiliki minat belajar lebih tinggi karena proses perbelajaran (tatap muka) menggunakan metode ceramah dengan siswa kelas V SD Negeri Prabugantungan 2 yang tidak menggunakan metode ceramah sehingga minat belajarnya rendah.

Bahwa dengan penggunaan metode ceramah, minat belajar siswa meningkat sehingga mempengaruhi hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan terhadap data pada lampiran yaitu korelasi antara variabel X terhadap variabel Y. Penggunaan metode ceramah dan minat belajar siswa di SD Negeri Prabugantungan 1 dan SD Negeri Prabugantungan 3 dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-03-24