Didactical Design Research untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar

 Abstract views: 74 ,  downloads: 52
  • Irfan Fauzi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Didi Suryadi
Keywords: didactical design research, pedagogical competence, elementary school

Abstract

Salah satu kemampuan guru yang berkaitan dengan pedagogik adalah mampu membuat rencana pembelajaran efektif yang sesuai dengan kebutuhan siswa, untuk menciptakan hal itu dibutuhkan sebuah inovasi untuk mendesain pembelajaran. Didactical design research (DDR) dipandang sebagai sebuah paradigma inovasi pembelajaran dalam memberikan solusi atas permasalahan sulitnya guru dalam membuat rencana pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa di kelas, selain itu didactical design research dipandang sebagai salah satu cara dalam mengembangkan kompetensi pedagogik guru, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji paradigma DDR dalam menembangkan kompetensi pedagogik guru, metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kajian literatur dari berbagai sumber baik jurnal, buku, dan sumber lain yang mendukung. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan dan pengetahuan bagi penelitia dalam mengembangkan penelitian menggunakan didactical design research, selain itu penelitian ini diharapkan memberikan panduan kepada guru dalam membuat desain pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga proses pembelajaran tercipta dengan nyata dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad ke-21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama.

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 4(1), 65-74.

Goda, Y., Yamada, M., Hata, K., Matsukawa, H., & Yasunami, S. (2017). Effects of Flipped Jigsaw Collaborative Learning on English as a Foreign Language Learning Anxiety. Lecture Notes in Computer Science, 654–664. doi:10.1007/978-3-319-52836-6_69

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2006). Design Research from a Learning Design Perspective. In van den Akker, et al. (Eds.), Educational Design Research (pp. 45-85). London: Routlege.

Hill, W.F. (2011). Theories of Learning. (Alih bahasa oleh Khozim, M). Bandung: Nusa Media

Komariah, A., & Satori, D. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Maloney, A., & Confrey, J. (2013). A Learning Trajectory Freamwork for The Mathematics Common Core: Turnoneemeth for Interpretation: Instructional Planning and Colaboration. 17th Annual Conference of The Association of Mathematics Teacher Educators. Orlando: AMTE.

Manno, G. (2006). Embodiment and A-Didactical Situation in The Teaching-Learning of The Perpendicular Straigth Lines Concept. Doctoral Thesis: Faculty of Mathematics snd Physics Department of Didactic Mathematics Comenius University Bratislava. Tersedia di: http://math.unipa.it/~grim/thesis_GManno_06_engl.pdf

Martadiputra, B.A.P. (2013). Modifikasi Model-Eliciting Activities dengan Menggunakan Didactical Design Research untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Statistis. Jurnal Kependidikan, 43(2), 95-106.

Mulyana, E., Turmudi, & Juandi, D. (2014). Model Pengembangan Desain Didaktis Subject Specific Pedagogy Bidang Matematika melalui Program Pendidikan Profesi Guru. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2), 141-149.

Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghala Indonesia.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Saputri, A.T.W., & Mawardi. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 104-114.

Sulaiman. (2014). Pengaruh Pemberian Penguatan (reinforcement) oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Kelas IV SD Nunggul Lampeuneurut Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 2(3), 85-93.

Surwajo., M, IB., & Kusumadewi, N (2012). Penerapan Student Centered Approch pada Pembelajaran Taman Kanak-kanak Kelompok B (Studi Kasus di Sekolah Laboratorium Rumah Citta. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 79-102.

Suryadi, D. (2010). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional MIPA. Universitas Negeri Malang.

Suryadi, D. (2018). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). Bandung: Departemen Pendidikan Matematika UPI

Trilling, B & Fadel, C. (2009). 21st-century skills: learning for life in our times. United States: Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Zendrato, J. (2016). Tingkat Penerapan Perencanaan Pembelajaran dalam Melaksanakan Pembelajaran di Kelas Suatu Studi Kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria, 6(2), 58-7

Published
2020-03-30