Dosen Impian: Analisis Persepsi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Mataram

 Abstract views: 17 ,  downloads: 12
  • Itsna Oktaviyanti FKIP UNRAM
  • Tika Puspa Pandini Universitas Mataram
  • Zul Hijjayati Mataram University
  • Sismunilawati Universitas Mataram
Keywords: Lecturer, Student

Abstract

Dosen merupakan salah satu faktor penting dalam rangka mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan. Akan tetapi banyak mahasiswa yang mengeluh mengenai kinerja dosen yang tidak sesuai dengan pandangannya tentang gambaran seorang dosen yang ideal. Sehingga hal tersebut berdampak pada menurunnya minat dan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perspektif mahasiswa mengenai kriteria dosen yang diimpikan, sehingga bisa menjadi acuan untuk dosen agar menjadi dosen yang diidamkan oleh mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Kampus II Universitas Mataram, subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa PGSD semester tiga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan instrumennya berupa pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada responden. Kuesioner disebarkan kepada 50 responden (mahasiswa PGSD semester 3). Hasil penelitian menunjukan bahwa kriteria dosen yang diimpikan mahasiswa, yaitu (1) dosen yang terampil dalam melakukan penilaian, (2) dosen yang disiplin waktu, (3) dosen yang menyenangkan, (4) dosen yang memiliki keterampilan mengajar, (5) dosen inspiratif, (6) dosen yang memiliki good rapport, dan (7) dosen yang menerima pendapat mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmawan, M. Chairil. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26 (2), hal 51-57.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5 (2), hal. 93-196.

Erawati, M. (2016). Pembentukan Rapport di Kelas: Analisis Psikologi. PSIKOHUMANIORA: Jurnal Penelitian Psikologi. 1 (1), hal 75-94.

Jumwaniyah. (2018). Konsep Karakter Guru Menyenangkan Dalam Buku Genius Teaching: 9 Karakter Guru Menyenangkan Berbasis Ramah Otak Karya Rudiana Dan Relevansinya Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAI. Skripsi: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Nasution, M. (2001). Hubungan Metode Mengajar Dosen, Keterampilan Belajar Sarana Belajar Dan Lingkungan Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8 (1), hal 36-48.

Nurdin. (2013). Studi Etnografi : Etos Kerja Dosen STAIN Kendari. Jurnal Al-Izzah, 8 (2), hal 210-233.

Rustaman, N. (2001). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Bakti Utama

Siswanto, B. (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administrarif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriadi, Y. (2012). Pengaruh Karakter Guru (Kreatif, Humoris, dan Berwibawa) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di MTS Fatahillah Pangkalan Kecamatan Ciawigebang Kuningan. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati.

Supriatna, I., Asmahasanah, S., Rachmadtullah, R., & Asdar, A. K. (2019, March). The effect of learning methods and self regulation on problem-solving ability of mathematics in elementary school. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1175, No. 1, p. 012139). IOP Publishing.

Suryabrata, Sumadi. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Syamsudin, Adin. (2007). Psikologi Kependidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Published
2020-03-30