Peningkatan Hasil Belajar Bangun Ruang Melalui Metode Duti Duta (Two Stay Two Stray) Siswa Kelas IV SDN Buncitan Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

 Abstract views: 101 ,  downloads: 134
  • Ahmad Zaini SDN Buncitan Sedati Sidoarjo

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Two Stay Two Stray dengan materi pembelajaran bangun ruang pada siswa kelas IV SD Negeri Buncitan Sedati Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray sehingga siswa dapat termotivasi untuk belajar. Teori-teori pembelajaran secara umum lebih tepat jika diajarkan dengan metode pembelajaran kooperatif, dimana siswa bekerja sama dengan siswa lain dalam berpikir secara mandiri untuk menyelesaikan masalah yang ada. Hasil penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray materi bangun ruang kelas IV SDN Buncitan pada observasi awal dengan persentase 43,8% dalam penguasaan pembelajaran. Siklus 1 menunjukkan bahwa hasil pembelajaran nilai rata-rata kelas 71,8 dengan persentase penguasaan pembelajaran 68,8%, kemudian meningkat di siklus 2 dengan nilai rata-rata secara klasikal 76,1 dengan persentase ketuntasan 78,1%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas IV SDN Buncitan Sedati Sidoarjo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-30